27/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Pandemi tak Menyurutkan Langkah PJB Mewujudkan Zero Accident

Surabaya – Bulan Januari adalah bulan kesehatan dan keselamatan kerja Nasional. Sejalan dengan semangat zero accident, PT PJB melaksanakan Peringatan Bulan K3 tahun 2021 pada hari rabu, 13 Januari 2021 melalui daring Zoom dengan tema “Safety Leadership Sebagai Prinsip Dalam Bekerja Guna Memperkokoh Safety Culture dan Resilience (Ketahanan) untuk mencapai Zero Accident di PT PJB”.

Pada acara yang dihadiri oleh seluruh unit PT PJB ini, mengundang Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Ir. Wanhar, Executive Vice President HSSE PT PLN Persero, Komang Paramita. Serta Ir. Lukmanul Hakim Presiden Director Leb Solution Indonesia selaku narasumber webinar Process Safety Management

PT Pembangkitan Jawa Bali merefleksikan bulan K3 Nasional dengan semangat insan bersama menghadapi tantangan pandemi covid 19 dengan cara memperkokoh safety culture (budaya keselamatan). Budaya keselamatan kerja atau (safety culture) merupakan perilaku, kepercayaan, persepsi dan nilai yang disepakati secara bersama yang berkenaan dengan Keselamatan Kerja.

Dimana safety culture diterapkan untuk mencapai derajat performansi K3 yang dipahami dan dijadikan prioritas utama dalam suatu organisasi. Namun perlu untuk diketahui bahwa budaya keselamatan tanpa adanya dorongan dari para leader yang ada di PT PJB adalah hal yang mustahil untuk dicapai. Safety leadership adalah landasan utama untuk membangun budaya keselamatan & ketahanan atau (resilience).

Pada paparannya, Lukman Hakim menyampaikan, “Safety culture memiliki aspek paling penting yaitu leadership. Makna leadership bukan saja orang orang yang memiliki jabatan atau posisi tertentu, tetapi leadership bagi diri sendiri, rekan kerja, dan orang terdekat, yang memunculkan sense menjaga kesehatan dan keselatamatan kerja sehingga dapat memengaruhi rekan kerja dan orang terdekat agar lebih peduli terhadap pentingnya menjaga budaya K3 dalam pekerajaan sehari hari. Hal ini sangat penting untuk mewujudkan zero accident dalam suatu perusahaan, sesuai dengan moto K3 PT PJB : tidak ada yang lebih penting dari nyawa manusia”.

Pelaksanaan peringatan bulan K3 2021 adalah momentum PT Pembangkitan Jawa Bali untuk memformat kembali konsep implementasi K3 di PT Pembangkitan Jawa Bali & anak perusahaannya dengan menitik beratkan terhadap peran leader untuk mendorong budaya keselamatan demi tercapainya visi Zero Accident.
Pelaksanaan bulan K3 PT PJB dilaksanakan mulai tanggal 13 Januari 2021 hingga 18 Februari 2021 akan di isi dengan beberapa kegiatan antara lain :

  1. Lomba Emergency Response Preparedness ; Bertujuan untuk menekankan kesiapan prosedur dan tim tanggap darurat termasuk infrastrukturnya dalam penanganan kondisi darurat.
  2. Lomba Tata Graha 5S ; Bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan implementasi housekeeping di PT PJB. Dengan implementasi housekeeping, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas perusahaan dan mencegah terjadinya kecelakaan kerja.
  3. Apresiasi Implementasi Izat ; Bertujuan untuk Mengukur implementasi Unit dalam mengoptimalkan penggunaan Aplikasi Izat pada fitur patrol sebagai upaya mencapai zero accident.
  4. Lomba Video Kreatif ; Bertujuan untuk membangun kampanye positive implementasi keselamatan kerja di unit pembangkit serta sebagai bahan pembelajaran dalam upaya membangun kesadaran (Awarness) menerapkan budaya K3 workforce.
  5. Lomba Safety Creative Paper ; Bertujuan untuk menjaring ide – ide terbaik terkait peningkatan dan perbaikan (improvement) K3 dalam hal budaya K3, safety golden rules dan safety tools.
  6. Lomba Safety Quiz ; Bertujuan untuk mengukur pemahaman dasar – dasar pengetahuan K3 seluruh insan PT PJB.
    Seluruh kegiatan lomba bulan K3 2021 dilakukan dengan metode daring atau virtual, mengingat kondisi pandemic covid 19 masih berlanjut dan untuk mengantisipasi penyebaran covid di lingkungan PT Pembangkitan Jawa Bali dan anak perusahaannya. (ro)