27/01/2021

Jadikan yang Terdepan

DISPENDUKCAPIL SUKSES TINGKATKAN LAYANAN PRIMA

PLT Kepala Dispendukcapil Tri Hariadi

Tulungagung,KabarGress.com – Dinas Kependudukan Catatan Sipil ( Dispendukcapil) kabupaten Tulungagung tingkatkan pelayanan prima kepada masyarakat.

” Memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada seluruh masyarakat prima menjadi komitmen kami ,” ujar Plt. Kepala Dispendukcapil , Tri Hariadi ,Rabu (16/12/2020)

Tri Hariadi lebih lanjut menegaskan masyarakat tidak perlu ragu terhadap layanan masyarakat. Sebab pelayanan prima kepada masyarakat terkait pemohon Kartu Tanda Penduduk ( KTP) , KIA ,Akta Lahir, Akta kematian menjadi komitmen Dispendukcapil.

Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Dispendukcapil siap jemput bola. Sistem ini sebagai upaya menjawab ekspektasi masyarakat supaya mendapat pelayanan prima.

Pola jemput bola tersebut Dispendukcapil telah di terapkan melayani masyarakat di 160 desa , 12 kecamatan. Selain berikan pelayanan maksimal kepada masyarakat 160 desa , Dispendukcapil juga membuka pelayanan pada tiga kecamatan Ngunut ,Campurdarat dan Kauman untuk perekaman dan pencetakan KTP.

Tujuan di bukanya pelayanan di kecamatan , selain untuk mengurangi antrian pemohon di kantor layanan Dispendukcapil ,sebagai upaya mendekatkan sistem pelayanan kepada masyarakat.

” Dengan di bukanya unit pelayanan di kecamatan maupun desa , masyarakat yang ingin mengurus KTP KIA dan surat lain tidak perlu datang ke Dispendukcapil ,” imbuh Tri.

Masyarakat yang hendak mengurus surat – surat cukup mengurus di unit Dispendukcapil di desa maupun kecamatan. Sehingga masyarakat tidak perlu jauh – jauh datang ke Dispendukcapil .

” Masyarakat tidak perlu menunggu antrian panjang dan tidak perlu datang ke Dispenduk, keperluan permohonan surat surat sudah bisa di tangani di desa ,” katanya

Dibukanya unit pelayanan di kecamatan , dan desa selain supaya tidak terjadi antrian , menurut Tri Hariadi juga sebagai upaya mematuhi Protokol Kesehatan di tengah pandemi Covid 19. Dispendukcapil tambah Tri Hariadi , selain mendekatkan pelayanan di masyarakat, juga memberikan edukasi publik terkait persyaratan administrasi kependudukan.

Sebab kelengkapan dokumen kependudukan bagi masyarakat mutlak sangat di perlukan oleh masyarakat sebagai kelengkapan administratif bila nanti berhubungan dengan lembaga perbankan ( Bank) dan BPJS. Maka Dispendukcapil memberikan penyuluhan serta edukasi akan pentingnya kelengkapan kependudukan .

“Harapan saya masyarakat semakin sadar akan pentingnya administrasi kependudukan” tandas Tri.

Dan pelayanan administrasi kependudukan untuk masyarakat dilaksanakan secara gratis .”Perlu saya sampaikan kegiatan layanan Dispendukcapil ini baik layanan di Kecamatan maupun layanan di desa tanpa biaya” tegas PLT Kepala Dispendukcapil, seraya menambahkan pelayanan prima yang di buka di desa sejak Agustus sampai 17 Desember , terbukti telah memberikan kepuasan publik . (Adn)