27/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Production Unit Gresik PT Pertamina Lubricants Siaga Covid-19 Bersama Desa Binaan

Gresik15 April 2020 – Pandemi Covid-19 sampai hari ini masih menunjukan peningkatan kasus setiap harinya, tak terkecuali di Gresik, Jawa Timur. Sebagai langkah kepedulian dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut, PT Pertamina Lubricants melalui salah satu pabrik pelumasnya yakni Production Unit Gresik (PUG) menyalurkan bantuan paket higienitas meliputi alat penyemprot disinfektan, cairan disinfektan, hand sanitizer, Alat Pelindung Diri (APD) dan thermogun ke dua desa binaan yakni Desa Pulopancikan Gresik dan Kelurahan Sukorame Gresik. Bantuan diserahkan langsung oleh Manager Production Unit Gresik Dody Arief Aditya kepada Pemerintah setempat.

Dody menyampaikan bahwa sebagai salah satu pabrik yang beroperasi di Gresik, sudah menjadi tanggung jawab perusahaan untuk berkontribusi dalam langkah-langkah preventif dan membantu memutus rantai penyebaran Covid-19.

Secara keseluruhan, PUG memberikan 6 alat semprot, 120 liter cairan disinfektan, 6 APD lengkap, 2 liter hand sanitizer dan 2 thermogun. Selain itu, PUG juga memberikan tiga baju Hazmat dan dua thermogun ke Puskesmas Alun-alun kota Gresik. Rencananya PUG akan terus melakukan penanggulangan di wilayah Ring 1 dengan melanjutkan pemberian alat semprot dan disinfektan ke Kelurahan Sidokumpul.

“Kami berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat agar tetap sehat dan bagi yang harus bekerja diluar dapat terus melakukan aktifitas sehari-hari dengan lebih bersih dan terlindungi.” Ungkap Dody.

Dalam siaga Covid-19, Production Unit Gresik telah mengambil langkah-langkah preventif di lingkungan operasi antara lain penerapan penggunaan thermal scanner, penyediaan masker dan hand sanitizer untuk pekerja dan mitra kerja, pengukuran Indoor Air Quality untuk mengukur bakteri, virus, dan kapang, pemberian extra fooding dan asupan Vitamin C, pelaksanaan Work From Home dan pengaturan shift kerja, serta sosialisasi kampanye komunikasi Covid-19 melalui media internal perusahaan.

Pertamina Lubricants juga selalu menghimbau para pekerja dan mitra kerja untuk membudayakan pola hidup bersih dan sehat dengan selalu mencuci tangan tujuh langkah dengan benar setiap saat, baik di lingkungan kerja maupun dirumah. Oleh sebab itu, PUG juga membuat wastafel tambahan yang disebar di berbagai titik di lingkungan pabrik.

Pertamina Lubricants berharap dengan secara aktif melakukan peran mencegah penyebaran Covid-19, maka dapat meningkatkan kesehatan pekerja dan mitra kerja serta juga dapat melindungi masyarakat di sekitar area operasi Pertamina Lubricants. (ro)