25/09/2020

Jadikan yang Terdepan

Partai Nasdem Siapkan Sosok Pengganti Risma Sebagai Walikota Surabaya

Surabaya, KabarGress.Com – Perhelatan politik di Pemilihan Wali kota (Pilwali) kota Surabaya pada tahun 2020 mendatang, telah menggeliat di kalangan Partai Politik.

Kali ini partai NasDem yang secara diam-diam menyiapkan sejumlah kadernya untuk maju memperebutkan kursi Wali Kota Surabaya pengganti Tri Rismaharini.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) partai NasDem, Effendi Choiri, menyatakan, meski para kader masih konsentrasi pada pemenangan Capres – Cawapres Jokowi – Makruf Amin, dan pelaksanaan Pemilu Legislatif 2019 mendatang, namun Partai NasDem tetap menyiapkan calon untuk mengikuti Pilwali Surabaya 2020.

Menurut Gus Coi panggilan akrab Effendi Choiri, ada 3 kader terbaik partai NasDem yang tengah dilirik, yakni Bupati Ponorogo, Drs. H. Ipong Muchlissoni, Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR dan seorang tokoh media di Surabaya, Budi Sugiharto atau Uglu.

“Mereka mumpuni menjadi Wali kota Surabaya. Kan bisa aja dokter Faida, menjabat dimana pun di wilayah Jatim. Periode satunya disana(Jember,red), periode 2 nya di Surabaya,” ungkap Gus Coi, disela acara perayaan HUT Partai NasDem ke-7, di RM Ria Galeria, Jl. Komber M Duriat Surabaya, Selasa(13/11/2018).

Kesemua calon NasDem ini akan digodok dalam penjaringan dengan melihat populeritas dan elektabilitas di masyarakat. Menurut Gus Coi, calon yang akan mendapat rekomendasi nanti, diutamakan yang banyak dikenal dan dipilih masyarakat.

“Siapapun akan kita calonkan termasuk mas Uglu. Syaratnya simple, pokok dicintai masyarakat, tanpa ada mahar-maharan,” imbuhnya.

Gus Coi memang memiliki alasan sendiri menampilkan nama Budi Sugiharto (Uglu) dalam kanca politik Pilwali kota Surabaya mendatang.

“Ya Uglu kan selama ini dekat sama ibu Risma(Walikota,red), sehingga banyak yang kenal. Itu pertimbangannya,” celetuknya.

Menanggapi pernyataan tersebut, Uglu sendiri saat dikonfirmasi belum mendengar secara pasti soal pencalonannya sebagai Wali Kota. “Saya belum dengar, tapi tadi katanya guyonan gitu loh,” katanya.

Namun jka hal itu benar, maka dirinya menyampaikan terimakasih, karena kiprahnya selama ini dperhatikan hingga dirinya terjaring dalam salah satu kandidat bakal Cawali kota Surabaya dari partai NasDem. (Tur)