Syaikhul Islam, Nahkoda Baru SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya

Muhammad Syaikhul Islam, MHI resmi dikukuhkan sebagai Kepala SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya periode 2018-2022 oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya, Sabtu (30/6). Siapakah sosok nahkoda baru Sekolah Teladan Nasional itu?

ICOOL, panggilan akrab Muhammad Syaikhul Islam, lahir di Bojonegoro, 25 September 1982 dari pasangan Muhammad Masruchin dan Suwari. Ia adalah anak kampung yang tumbuh dan besar di sebuah dusun Sepat-Duyungan, Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro.

Masa sekolahnya ia lewatkan di sekolah-sekolah Muhammadiyah di kabupaten berjuluk ‘Matoh’ itu. Bermula di MI Muhammadiyah 13 Sepat, SMP Muhammadiyah 4 Balen, dan MA Muhammadiyah 1 Sumberrejo.

Setamat dari bangku Madrasah Aliyah tahun 1999, ICOOL melanjutkan kuliah di IAIN (UIN) Sunan Ampel Surabaya. Di kampus yang beralamat di Jalan A. Yani no. 88 itu, ia mengambil jurusan Akhwalus Syakhsyiyah (Hukum Keluarga Islam) pada Fakultas Syariah hingga mendapat gelar Sarjana Hukum Islam pada 4 tahun kemudian. Sedangkan, gelar Magister Hukum Islam ia peroleh dari almamater yang sama di tahun 2016.

Semasa kuliah, Bendahara Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Jatim ini, tercatat sebagai aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) hingga jabatan terakhirnya sebagai Sekretaris Umum Pimpinan Cabang IMM Kota Surabaya 2 periode berturut-turut (2002-2003, 2003-2004).

Aktivitasnya sebagai kader muda Muhammadiyah berlanjut ke Pemuda Muhammadiyah dengan bergabung di Pimpinan Daerah Kota Surabaya yang waktu itu diketuai oleh Muhammad Jemadi.

Konsistensinya di organisasi ini mengantarkannya menjadi Sekretaris PD Pemuda Muhammadiyah Kota Surabaya periode 2010-2014 melalui ajang Musyawarah Daerah. Tak berhenti di situ, ICOOL selanjutnya juga terpilih sebagai Bendahara PWPM Jatim periode 2014-2018 melalui ajang Muayawarah Wilayah yang dihelat di Sidoarjo.

Selain aktivitas di Organisasi Otonom, ICOOL juga tercatat sebagai pengurus Muhammadiyah di berbagai tingkatan. Di antaranya, Sekretaris Majelis Hukum dan HAM Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim, Wakil Sekretaris Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PWM Jatim, serta Wakil Ketua Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya.

Sebagai seorang jurnalis, saat ini, ICOOL juga dipercaya menjadi Pemimpin Redaksi KLIKMU.CO sebuah portal berita Muhammadiyah mainstream milik PDM Kota Surabaya.

ICOOL juga seorang penulis buku yang produktif. Sejumlah buku ajar Kemuhammadiyahan, Bahasa Arab, dan Al-Islam telah ditulis dan diterbitkan. Sebagian besar buku-buku itu diterbitkan oleh Majelis Dikdasmen PWM Jatim. Sedangkan sebagai seorang editor, puluhan buku telah ia sunting.

Di bawah kepemimpinannya, ICOOL ingin membawa SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya menjadi sekolah Islam Abad 21 yang sebenar-benarnya melalui sejumlah misi dan program yang telah ia canangkan. Baginya, sudah waktunya, Sekolah Islam paling favorit di Surabaya itu kembali melakukan lompatan-lompatan pendidikan agar terus diperhitungkan di kancah internasional. (ro)

Leave a Reply


*