18/01/2023

Jadikan yang Terdepan

XL Axiata Gelar Layanan 4G LTE di Sumbawa

Sumbawa, 11 Juni 2018. KabarGRESS.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus meningkatkan kenyamanan pelanggan atas kebutuhan penggunaan internet di berbagai pelosok Nusa Tengagra Barat (NTB). Salah satunya adalah di Pulau Sumbawa. Dengan total jumlah pelanggan XL Axiata di seluruh Sumbawa sekitar 200.000 pelanggan, sebanyak 65% di antaranya secara aktif menggunakan layanan data. Jumlah pengakses dan sekaligus trafik data pun terus meningkat sehingga XL Axiata tak ragu untuk menggelar layanan internet cepat 4G LTE di Sumbawa.

 

Caretaker Vice President XL Axiata East Region Mochamad Imam Mualim mengatakan, “Kami menghadirkan layanan ini karena pertumbuhan layanan data sangat signifikan, seiring dengan bertumbuhnya pengguna smartphone di kawasan Sumbawa. Oleh karena itu, kami fokus untuk meningkatkan layanan data berkualitas terbaik ini, agar masyarakat dapat manfaatkannya untuk mendukung peningkatan produktivitas di berbagai bidang, termasuk ekonomi daerah melalui bisnis perorangan maupun usaha kecil menengah. Apalagi, Sumbawa memiliki potensi besar di bidang pariwisata. Semua hal tersebut kami lakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan XL Axiata di Sumbawa. Hingga akhir 2018 mendatang, kami menargetkan pelanggan sebanyak 400.000 di Sumbawa”.

 

Guna menopang layanan 4G LTE, saat ini di telah terpasang lebih dari 60 unit BTS dan akan terus bertambah sampai akhir tahun, yang tersebar di area Kab. & Kota Bima, Kab. Sumbawa Barat, Kab. Dompu, dan Kab. Sumbawa Besar. Masing-masing titik BTS 4G LTE tersebar di pusat kota yang meliputi area publik dan komplek pemerintahan, pusat ekonomi lokal, alun-alun, juga area sekolah. Selain itu, sebagian area pemukiman di masing-masing kota juga menjadi prioritas.

 

Mendukung penetrasi dan melayani kebutuhan atas layanan 4G di Sumbawa dan NTB pada umumnya, XL Axiata telah menyediakan  perdana baru yang yang manfaatnya adalah bebas telpon dan SMS kapan saja ke sesama XL serta bonus telpon ke operator lain.  Selain itu ada paket data terbaru bagi pelanggan XL, yaitu Xtra Combo Lite 4,5GB, 8GB dan 11GB. Paket ini dihadir untuk memberikan pengalaman lebih baik bagi pelanggan dalam menggunakan layanan data XL. Untuk memperoleh perdana baru dan paket ini, pelanggan bisa langsung mengunjungi toko pulsa terdekat.

 

Di NTB, layanan 4G LTE sudah terlebih dulu hadir di kota/kab Mataram, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Utara. Sejak saat itu, jumlah pelanggan 4G LTE terus meningkat, dan saat ini mencapai sekitar 700 ribu atau 33% dari total jumlah pelanggan. Sementara itu jumlah pelanggan data sekitar 1,5 juta. Di seluruh NTB, pelanggan 4G dilayani oleh sekitar lebih dari 700 unit BTS 4G.

 

Sementara itu, bagi pelanggan data yang berada di area yang belum terlayani 4G LTE, layanan data berkualitas dari XL Axiata juga diakses melalui layanan 3G U900. Di seluruh NTB, layanan 3G U900 ini didukung oleh lebih dari 1.600 BTS 3G. Kota/kabupaten yang telah terlayani 3G U900 meliputi Kota Mataram, Kab Lombok Barat, Kab Lombok Timur, Kab Lombok Tengah dan Kab Lombok Utara, Kota Bima, Kab Bima, Kab Sumbawa Barat, Kab Dompu, Kab Sumbawa Besar. (ro)