09/01/2023

Jadikan yang Terdepan

XL Axiata kembali Salurkan Donasi Kuota ke Lembaga Pendidikan Islam di Surabaya

Ramadan Berbagi Kuota

 

Director Of Finance XL Axiata Mohamed Adlan Ahmad Tajudin (Kanan) dan Caretaker Vice President XL Axiata East Region Mochamad Imam Mualim (Kiri) bersama perwakilan Madarasah Aliyah area Surabaya dalam acara penyerahan Ramadan Berbagi Kuota di GrahaXL Pemuda Surabaya

Surabaya, 30 Mei 2018. KabarGRESS.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali menyalurkan donasi kuota dalam rangka Program Ramadan Berbagi Kuota. Pada tahap kedua ini, donasi disalurkan ke 5 lembaga pendidikan Islam di Surabaya. Sesuai namanya, donasi yang disalurkan berupa kuota akses data beserta perangkatnya. Program ini merupakan bagian dari Program Gerakan Donasi Kuota yang kali ini khusus disalurkan ke lembaga-lembaga pendidikan Islam sepanjang Ramadan. Setiap penerima donasi akan mendapatkan kuota data sebanyak 20 GB/bulan selama satu tahun.  Sampai saat ini program ini sudah berjalan di Aceh, Medan, Bengkulu, Binjai, Palembang, Pekanbaru, Surabaya, Lombok, Lampung, Jakarta, Bandung, dan Makassar.

 

Caretaker Vice President XL Axiata East region Mochamad Imam Mualim mengatakan, “Ramadan adalah saat yang tepat untuk semakin banyak berbagi kebaikan. Untuk itu kami menargetkan, sepanjang Ramadan ini bisa menyalurkan paket donasi kuota ini ke hingga 300 lembaga pendidikan Islam, baik ke Pondok Pesantren maupun Madrasah Aliyah. Saat ini, tim XL Axiata terus mengidentifikasi para calon penerima di berbagai daerah. Kami berharap, donasi kuota akses ke layanan digital dan internet ini bisa bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah tersebut.”

 

Sebagai bagian dari Program Gerakan Donasi Kuota (GDK) yang terus XL Axiata laksanakan sepanjang tahun, maka khusus untuk Bulan Suci Ramadan, penyaluran donasi hanya dikhususkan pada sekolah-sekolah pendidikan Islam. Lembaga pendidikan Islam wilayah Surabaya yang beruntung mendapatkan penyaluran di Bulan Ramadan ini adalah Madrasah Aliyah (MA) Negeri Surabaya di Rungkut, MA AMANATUL UMMAH di Siwalan Kerto, MA ITTAQU di Menanggal, MA SUNAN KALIJAGA di Simomulyo, dan MA TAHSINUL AKHLAQ BAHRUL ULUM di Tambaksari. Sekolah lembaga pendidikan yang menerima paket donasi kuota ini tersebut berlokasi di area yang sudah terjangkau oleh jaringan data XL Axiata, termasuk yang berada di pelosok daerah. Selain fasilitas Internet, XL axiata mengajak karyawannya untuk membekali sekolah dengan materi Melek Internet, antara lain penggunaan media sosial yang inspiratif dan Internet, berkah untuk Pendidikan.

 

Mekanisme penyaluran donasi kuota layanan data akan dilakukan dengan menyertakan perangkat mobile broadband atau router XL Home sehingga bisa dibagikan secara simultan ke-32 perangkat smartphone atau laptop yang digunakan para siswa dan pengajar. Mekanisme ini sekaligus untuk memastikan donasi bisa dimanfaatkan secara efektif dan kolektif, selain juga penerapan sistem monitoring. Selain dalam bentuk kuota dan router, penerima paket donasi juga akan mendapatkan pelatihan mengenai pemanfaatan internet untuk tujuan produktif.

 

saat ini Program GDK telah mampu mengumpulkan lebih dari 195 TB kuota data dari bulan Agustus 2017 hingga Desember 2017. Untuk jumlah sekolah penerima, sampai akhir Juni 2018 nanti secara nasional total sudah akan ada 778 sekolah yang menerima program ini, termasuk program ramadan berbagi kuota ini.

 

Pada Agustus 2017 lalu, XL Axiata meluncurkan “Gerakan Donasi Kuota” (GDK) guna menggalang partisipasi pelanggan dan masyarakat pada umumnya untuk secara sukarela mendonasikan kuota layanan data miliknya, yang selanjutnya disalurkan bagi peningkatan kualitas pendidikan sekolah-sekolah di berbagai pelosok Indonesia tersebut. Sesuai namanya, program ini akan melibatkan partisipasi pelanggan dan masyarakat. Pelanggan bisa secara sukarela mendonasikan kuota paket data Xtra Combo miliknya berapapun besarnya melalui program ini. Caranya adalah dengan akses ke UMB *123*888# kemudian pilih kuota yang ingin didonasikan. Kuota yang didonasikan akan mengurangi Kuota Utama Paket Xtra Combo pelanggan.

 

Selain donasi sukarela pelanggan, XL Axiata juga akan mendorong program ini dengan cara mengalokasikan kuota layanan data sebesar sebesar 25 MB untuk setiap pembelian dan isi ulang paket data Xtra Combo oleh pelanggan. Alokasi kuota ini tidak akan memotong kuota yang dibeli pelanggan. Akumulasi kuota data sumbangan pelanggan dan alokasi dari XL Axiata tersebut selanjutnya akan disalurkan dengan pembagian setiap sekolah penerima mendapatkan donasi kuota 20GB/bulan selama setahun.

 

Selain program pembagian Kuota ke Madrasah Aliyah selama bulan Ramadhan ini, XL Axiata juga membagikan Takjil Gratis ke Masjid-Masjid di area Pulau Lombok.  Acara ini juga merupakan salah satu tanggung jawab XL Axiata untuk bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar sesuai dengan Tagline #jadilebihbaik.  Masjid-masjid yang menerima donasi Takjil tidak memiliki kriteria khusus, tetapi diutamakan masjid yang menyediakan buka puasa bersama untuk warga sekitarnya serta banyak kegiatannya selama bulan Ramadhan.

 

Masjid yang sudah menerima antara lain : MASJID JAMIQ PEMENANG LOMBOK UTARA, MASJID RAYA AT’TAQWA TANJUNG LOMBOK UTARA, MASJID RAYA GERUNG LOMBOK BARAT, MASJID DAN PESANTREN AL MUSTOFA BANYUMULEK LOMBOK BARAT, MASJID RAYA AGUNG PRAYA LOMBOK TENGAH, MASJID RAYA MANTANG LOMBOK TENGAH, MASJID NURUL YAQIN BERTAIS  MATARAM, MASJID JAMIQ CAKRANEGARA, MASJID RAYA AT ‘ AQWA  MATARAM, MASJID RAYA KEDIRI LOMBOK BARAT dan masih akan ada beberapa Masjid lagi yang akan menerima donasi Takjil Gratis ini. (ro)