Tim Robotika SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya Lolos ke Ajang Robo Cup International

 

Surabaya, KabarGRESS.com – Menyusul keberhasilan tim robotika SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya memenangi kompetisi Robocup Singapore Open 2018 yang digelar pada 20-22 April 2018 di Science Center Singapore, persiapan demi persiapan digelar guna mengikuti Robo Cup International 2018 di Montreal Kanada pada 15-23 Juni 2018.

Seperti diketahui, 4 tim robotika yunior yang dikirimkan di Rescue Junior berhasil menyabet juara 1 (tim Roboku), juara 2 (tim Hirobo) dan di Soccer Junior juara 1 (tim Green Force) dan juara 2 (tim Garuda). Mereka berhasil menyisihkan 250 peserta dari negara Singapura, Korea Selatan, Taiwan, China dan Indonesia.

Di cabang Robot Soccer tim Green Force SD Muhmadiyah 4 Surabaya menjadi juara 1. Menurut sang ketua tim, Devan Ahmad H, keunggulan robot mereka ada pada kecepatan responsif untuk mendeteksi bola dan gawang.

“Robot dari tim Green Force ini menang karena kecepatan respon dari sensor untuk mendeteksi obyek, seperti bola, lapangan dan gawang,” ujar Devan yang duduk di kelas 4D, di sela-sela simulasi dan atraksi, di lab Robotikan Gedung Mudipat lantai 4, Senin (30/4/2018).

Di tempat sama, Endik Setiawan selaku guru penanggung jawab tim Robotika, persiapan yang mereka hanya 2 bulan mulai dari Februari – April dan semangat masing-masing anggota tim yang masih fresh namun pantang menyerah ini terbayarkan dengan hasil yang maksimal.

“Nantinya dari masing-masing tim Rescue dan Soccer yang menjadi juara 1 akan diseleksi kembali oleh sekolah untuk diberangkatkan mewakili SD Muhammadiyah 4 di ajang lomba Robo Cup International 2018 di Montreal Kanada pada tanggal 15-23 Juni 2018,” tandas Endik. (ro)

Leave a Reply


*