09/01/2023

Jadikan yang Terdepan

PLN Dist Jatim Kembali Perbaiki dan Fungsikan SUTT PLTU Sudimoro Pacitan yang Roboh

Surabaya, KabarGRESS.com – PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur berhasil memulihkan kondisi kelistrikan di Pacitan, menyusul Tower SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sudimoro yg berkapasitas tegangan 150 kilo volt ampere (KVA) di RT 03 RW 09 Dusun Pule, Desa Ketepung, Kecamatan Kebonagung roboh dan patah, Sabtu (20/1/2018).

Akibat gangguan penghantar tersebut menyebabkan tiga Gardu Induk padam dan 10 kecamatan terdampak pemadaman. Dalam kondisi hujan dan ancaman longsor susulan, petugas PLN langsung bekerja mengecek ke lokasi dan tidak ditemukan gangguan aliran listrik lainnya. Manuver beban kemudian dilakukan dengan interkoneksi Jawa Bali melalui Gardu Induk Ponorogo jalur ke Kabupaten Pacitan sebelum PLTU 1 Jatim Sudimoro beroperasi.

“Dalam 24 jam ini, PLN terus melakukan usaha perbaikan jaringan tower yang roboh bekerja sama dengan rekan Area Pengatur Distribusi, mengingat kondisi tanah disekitar Tower SUTT masih labil serta faktor cuaca saat ini sangat berpengaruh terhadap pengerjaan perbaikan tower SUTT,” ungkap Manajer Komunikasi, Hukum dan Administrasi PLN Distribusi Jawa Timur, Wisnu Yulianto, Minggu (21/1/2018).

Dengan gerak cepat itu, Sabtu (20/1/2018) pukul 20.15 WIB, infrastruktur penerangan jaringan aliran listrik di wilayah Kabupaten Pacitan sudah normal kembali. Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Untuk target rencana pemulihan, ada beberapa langkah yang dilakukan seperti SUTT 150KV PLTU Pacitan – New Pacitan – Nguntoronadi akan dioperasikan 1 sirkuit, menggunakan Tower Emergency. “Sehingga SUTT 150 KV PLTU Pacitan – New Pacitan 1, bisa di optimalkan untuk evakuasi daya dari PLTU Pacitan. Target tgl 28 Januari 2018 beroperasi,” pungkasnya. (ro)

Teks foto: Kondisi Tower SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sudimoro yg berkapasitas tegangan 150 kilo volt ampere (KVA) di RT 03 RW 09 Dusun Pule, Desa Ketepung, Kecamatan Kebonagung roboh dan patah, Sabtu (20/1/2018).