Hasil Survei PollTrend: 72,1 Persen Kiai Pilih Gus Ipul Gubernur Jatim

Surabaya, KabarGRESS.com – Lembaga survei PollTrend merilis sebanyak 72,1 persen kiai memilih Saifullah Yusuf sebagai Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 jika Pemilihan Kepala Daerah digelar saat ini.

“Sesuai hasil survei, jika Pilkada digelar sekarang maka mayoritas kiai di Jatim memilih Gus Ipul,” ungkap Direktur Eksekutif “PollTrend”, Khoirul Yahya, di sela-sela​ acara diskusi terbuka dan rilis survei di Surabaya, Rabu (30/8/2017).

Menyusul Gus Ipul, sebanyak 16,4 persen kiai memilih Khofifah Indar Parawansa, kemudian 3,3 persen Abdul Halim Iskandar, serta Abdullah Azwar Anas, Hasan Aminuddin, Imam Nahrawi, Soepriyatno, dan Tri Rismaharini masing-masing 1,6 persen.

“Pada survei kami, melibatkan 61 kiai di Jatim sebagai responden dengan penelitian menggolongkan kiai dalam empat tipologi, yaitu kiai politik, kiai panggung, kiai pesantren dan kiai tarekat,” jelasnya.

Kiai yang menjadi responden, lanjutnya, berasal dari empat wilayah, yakni Madura (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep), Arek (Malang Raya, Surabaya, Sidoarjo), Mataraman (Bojonegoro, Madiun, Jombang, Lamongan, Kediri, Blitar) dan Pendalungan (Pasuruan, Situbondo).

“Penentuan kiai setiap wilayah berdasarkan diskusi fokus grup pada Juni 2017. Sedangkan, pengumpulan data dari kiai dilakukan melalui wawancara langsung/tidak langsung melalui kuesioner dengan instrumen pertanyaan terstruktur,” timpalnya.

Pelaksanaan survei dilaksanakan pada 17 Juni hingga 17 Juli 2017, pengolahan data pada Agustus dan akhir Agustus 2017 dilaksanakan rilis survei.

Pengamat sosial politik asal Universitas Airlangga Surabaya, Novri Susan, yang hadir pada acara diskusi, berpendapat bahwa kiai memiliki fungsi sebagai solidaritas kolektif. “Artinya, pengaruh kiai yang sangat dihormati dan menghargai membuat diikuti oleh santri maupun masyarakatnya. Sifatnya jejaring dan bisa tanpa diskusi,” ujarnya. (ro)

Leave a Reply


*