10/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Surplus, PLN Dist Jatim Siap Pasok Listrik Untuk Trem

Surabaya, KabarGRESS.com – PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur menyatakan siap dalam menyediakan pasokan tenaga listrik yang dibutuhkan untuk mengoperasionalkan transportasi massal yang digagas Pemkot Surabaya. Keberadaan pasokan energi listrik di Jawa Timur yang surplus menjadi menjadi daya tarik bagi investor untuk mengembangkan usahanya di wilayah ini. Tak terkecuali rencana Pemkot Surabaya akan pembangunan sarana transportasi massal bertenaga listrik trem.

Deputy Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN Distribusi Jawa Timur, Pinto Raharjo, menjelaskan untuk dapat mendukung penuh ide brilian Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya itu, pihaknya telah menyiapkan infrastruktur penunjang. Diantaranya adalah pembangunan Gardu Induk (GI) Kedinding dan GI Kalisari yang berlokasi di wilayah Surabaya Timur dan Surabaya Utara.

“Keberadaan dua GI yang masing-masing memiliki kapasitas 1×60 megawatt (MW) tersebut, nantinya bakal membantu pasokan listrik di daerah Kenjeran dan Wilayah Kalisari Surabaya,” terangnya di Surabaya, Kamis (6/7/2017).

Terkait operasional trem kedepan, Pinto menjamin, masyarakat dan pemerintah Kota Surabaya tidak perlu khawatir terkait kebutuhan pasokan energi untuk moda transportasi masal tersebut.

“Kami juga telah menyiapkan sumber-sumber pasokan lain. Diantaranya adalah PLTGU Grati Pasuruan yang memiliki daya maksimal 2 x 450 MW yang diperkirakan pada tahun 2018 mendatang PLTGU Grati dapat beroperasi penuh,” ujarnya.

Dengan keadaan surplus daya di Jatim, PLN Distribusi menjamin seluruh pasokan bagi kebutuhan masyarakat dan operasional transportasi masal bertenaga listrik trem. (ro)