30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

TINGKATKAN, PRODUKSI PANGAN HKTI JATIM GELAR PELATIHAN PETANI

Surabaya , KabarGress.com –  Dewan Pimpinan Provinsi Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Provinsi Jawa Timur laksanakan program pelatihan petani, dikabupaten Tulungagung dan Blitar. ” Jumlah peserta 68 orang dari perwakilan Gapoktan, ” kata Wakil Ketua HKTI Eko Puguh, bersama Warsito, SE , MM , Rabu (31/5/2017).

Menurut Puguh pelatihan petani direspon oleh Ketua Dewan Nasional ( DPN) HKTI Jendral Pur .Dr. H. Moeldoko. ” Usai pelatihan hasilnya langsung kami laporkan ke  Pak Moeldoko. Berkas – berkasnya saya serahkan ke Pak Moeldoko, ”  imbuh Puguh.

Adapun besaran lahan dari partisipasi masyarakat , kabupaten  Blitar dan Tulungagung untuk penanaman varietas M400 dan M70D yang telah dilaporkan kepada DPN HKTI sebesar 146 /ha.  ” Untuk data yang masuk sementara ini 146 /ha ,” ujar Puguh.

Luasan lahan tersebut tambah Puguh dimungkinkan masih bakal bertambah. Pasalnya, varietas M400 dan M70D merupakan varietas unggul yang mampu menjawab serta memberikan kontribusinya pada upaya peningkatan produksi pertanian di Jatim.

Langkah yang dilakukan DPP HKTI Jatim saat ini adalah melaksanakan validasi jumlah luasan lahan  di Jatim. ” Kita sedang fix- kan dulu jumlah lahan yang telah siap di Jatim, ” tandas Eko Puguh.

Muhammad Rohman Latief yang akrab disapa OKA ditemui ditempat yang sama mengatakan bahwa dari segi kualitas M400 dan M70D  merupakan varietas unggul yang mampu menguntribusi dalam upaya meningkatkan produksi gabah petani di Jatim .,”  Dua varietas ini kedepan bisa tingkatkan produksi gabah di Jatim ,” kata OKA.

Sebab dari demplot 17 Kabupaten di Jawa, termasuk di Jember dua varietas M400 dan M70D hasilnya  sangat positif. Begitu pula dari stok atau ketersediaan , dua varietas M400 dan M70D siap untuk 5000 / ha.

Sementara hasil uji coba penanaman dua varietas di Jember hasil produksinya sangat signifikan. Misalnya, hasil produksi M400 yang diujicobakan di Kabupaten Jember untuk 30 kg, menghasilkan panen 9,6 – 9,7 ton/ha, M70D 6,7-7 ton/ha.

Setrategi untuk mencapai keberhasilan eksekusi program penggunaan dua varietas M400 dan M70 D HKTI tentunya melalui SDM petani yang telah dipersiapkan ditugaskan melaksanakan tugas pendampingan, kepada petani sesuai Standar Operasional ( SOP). (hery)