11/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Difi Ahmad Johansyah Gantikan Benny Siswanto sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur

Surabaya, KabarGress.com – Pada Rabu, 11 Januari 2016, bertempat di Ruang Singosari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, berlangsung serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur.

Peralihan pemimpin Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur dari Benny Siswanto kepada Difi Ahmad Johansyah disaksikan langsung oleh Gubernur Bank Indonesia, Agus D.W Martowardojo dan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. Selain itu hadir pula para undangan dari MUSPIDA Jawa Timur, Bupati/Walikota, jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional IV, Pimpinan Perbankan Jawa Timur, serta stakeholder Bank Indonesia lainnya.

Terkait acara tersebut, Gubernur Bank Indonesia memberikan apresiasi kepada Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur sebelumnya yakni Benny Siswanto yang telah berkontribusi aktif dalam mendorong pengembangan ekonomi dan mengawal inflasi, serta menjaga kelancaran sistem pembayaran dan stabilitas sistem keuangan di Jawa Timur.

Pencapaian dimaksud terlihat pada periode kepemimpinan Benny Siswanto, Provinsi Jawa Timur meraih beberapa penghargaan dalam upaya pengendalian inflasi daerah yaitu TPID terbaik tahun 2015 dan TPID Terinovatif Tahun 2016. Selain itu, Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur terus mendorong Gerakan Nasional Non Tunai dalam transaksi pemerintah maupun publik.

“Salah satu yang patut diapresiasi adalah pengendalian inflasi dimana Provinsi Jatim mencatatkan inflasi yang lebih rendah pada tahun 2016 lalu yakni di angka 2,74% dibandingkan nasional yang masih diatas 3%. Berbagai program pengendalian inflasi yang diinisiasi BI dan stakeholder terkait terbukti mampu menekan inflasi dibawah target yang sudah ditetapkan,” ungkap Agus di sela-sela upacara serah terima jabatan Kepala Perwakilan BI Provinsi Jatim di Gedung BI Jatim di Surabaya, Rabu (11/1/2017).

Penyelenggaraan kas kapal keluar pulau bekerjasama dengan TNI AL rutin dilakukan untuk menjaga kecukupan dan kelayakan uang beredar di pulau-pulau terluar Jawa Timur. Tidak kalah pentingnya, koordinasi dan sinergi dengan OJK Regional IV dan Perbankan melalui Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) berjalan dengan baik. Pasca 2 (dua) tahun memimpin Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Benny Siswanto diberikan mandat untuk menjadi Kepala Departemen Regional I yang membawahi Kantor Perwakilan Bank Indonesia di wilayah Sumatera.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur yang baru, Difi Ahmad Johansyah sebelumnya diberikan mandat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara. Difi Ahmad Johansyah juga pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia. Ke depan, dalam kepemimpinannya, Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur akan semakin meningkatkan koordinasi dan komunikasi, serta bersinergi dengan Pemerintah dalam memberikan kontribusi positif dalam mengawal inflasi, mendorong pengembangan ekonomi daerah, menjaga kelancaran sistem pembayaran, dan menjamin stabilitas sistem keuangan di Jawa Timur. (ro)