12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

DJ Surabaya Gelar Pentas Amal Bertajuk Surabaya Exploze 2016

* Tepis Anggapan Minor Masyarakat yang Memandang Musik Identik Dugem

DJ Surabaya Gelar Pentas Amal Bertajuk Surabaya Exploze 2016Surabaya, KabarGress.com – Dentuman musik berbagai genre racikan para Disc Jockey (DJ) dengan sentuhan khas, menyita dan mengundang decak kagum ribuan penonton yang memadati lapangan Kodam V/Brawijaya, Sabtu (20/2/2016) hingga Minggu (21/2/2016) dini hari. Acara kemanusiaan pentas Parade Disc Jockey (DJ) bertajuk Surabaya Exploze 2016 dan dikemas outdoor tersebut sekaligus sanggup menepis minor masyarakat yang masih memandang musik identik dugem yang berkonotasi buruk dan glamour.

“Bila digarap dengan tepat, pasti akan ada sisi positif yang mengiringinya, seperti yang kami lakukan dengan Surabaya Exploze ini,” ungkap Henny Tantono, selaku penyelenggara tunggal Surabaya Exploze 2016 dikonfirmasi, Senin (22/2/2016).

Guna menguatkan upaya tersebut, Henny bersama komunitas DJ se-Surabaya menggelar kali pertama musik para DJ secara besar-besaran dan terbuka untuk dipertontonkan bebas ke khalayak luas. Melalui konsep kemanusiaan, Surabaya Exploze 2016 diharapkan meluruskan stigma di masyarakat terhadap musik yang selalu hadir in door (dalam ruangan) itu. “Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat, bahwa pentas DJ ini sebagai bagian dari seni gaya hidup modern yang berkepribadian Indonesia dan bebas narkoba,” terangnya.

DJ Surabaya Gelar Pentas Amal Bertajuk Surabaya Exploze 2016 2Penggagas acara malam amal Surabaya Exploze 2016 ini mengatakan, sajian musik semalam suntuk itu bukan sekadar hura-hura atau menyenangkan diri sendiri. Melainkan, pesta musik disko berbagai genre tersebut untuk penggalangan dana amal dari para komunitas DJ se-Surabaya. “Di sekeliling kita masih banyak masyarakat kurang mampu secara ekonomi. Melalui ini (Surabaya Exploze, red), kami tergerak untuk menyalurkan dana yang tergalang,” ujar Henny yang juga seorang DJ ini.

Perempuan jebolan Universitas di Singapura itu juga mengaku, konsep yang dihadirkan Surabaya Exploze 2016 sengaja dirangkai acara pesta amalnya dari kota ke kota nanti melalui touring darat. Dari itu, ia bersama komunitasnya bisa menyerahkan secara langsung hasil penggalangan dananya kepada warga yang kurang mampu secara merata. “Sekali lagi, ini demi membantu fakir miskin sepanjang perjalanan yang jauh nanti. Kami berharap bisa memberikan manfaat,” ingat Henny yang juga seorang DJ ini.

Hal senada juga dipaparkan Hogood. DJ asal Bali yang ikut memeriahkan Parade DJ terbesar di Surabaya itu mengungkapkan, bahwa sisi buruk yang tertanam di masyarakat terhadap musik yang diramu para DJ ini sirna dengan pagelaran Surabaya Exploze 2016. Melalui tema kemanusiaan untuk penggalangan dana amal, masyarakat semakin tercerahkan dengan gesekan musik disko dari para DJ se-Surabaya tersebut.

DJ Surabaya Gelar Pentas Amal Bertajuk Surabaya Exploze 2016 1“Karena setelah di Surabaya, kami melanjutkan parade ke Bali hingga Papua dengan tema yang sama,” cetus Hogood didampingi Melisa yang unjuk perform di awal pentas.

Sebelumnya, iringan dentuman musik yang bervariasi dengan pantulan cahaya (lighting) yang saling-silang menawan tak menyurutkan semangat ratusan pengunjung di lapangan Kodam V/Brawijaya, Sabtu (20/2/2016) yang terguyur hujan deras selama kurang dari satu jam. Tontonan spektakuler hingga Minggu (21/2/2016) dini hari untuk penggalangan dana amal tersebut tersaji apik dari para DJ yang berunjuk piawai di Parade DJ se-Surabaya bertajuk Surabaya Exploze 2016.

“Hujan adalah berkah dan bukan menjadi penghalang kami untuk tetap bersemangat menyajikan racikan musik khas para DJ untuk amal ini,” ucap Henny Tantono yang memiliki nama beken DJ Hun DD ini.

Hingga dini hari, lapangan Kodam V/Brawijaya pun berdentum keras. Semua penonton dan undangan pun bergoyang di pesta komunitas DJ bertajuk Surabaya Exploze 2016 tersebut. Parade seniman DJ asal kota Surabaya dan ibukota serta DJ dari luar kota, seperti DJ Dimas, DJ Diana dan DJ Triplex saling menampilkan kebolehannya meramu melalui mixing elektronik musik.

Kehadiran mereka menambah hidup suasana malam di pentas yang tergelar hingga dini hari tiba. Apalagi, penampilan sejumlah penari yang membawakan parade bendera dan tari cabaret kian menghangatkan malam parade yang ditutup dengan kembang api beragam corak dan warnanya di panggung nan megah tersebut. “Terima kasih atas dukungan semua pihak, undangan dan para penonton yang ikut melancarkan jalannya Surabaya Exploze. Selamat berjumpa di kota lainnya,” teriak Henny yang disambut aplaus penonton. (ro)

Teks foto: Rangkaian acara pentas DJ Surabaya di lapangan Kodam V/Brawijaya.