18/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Surabaya Gemstone Festival Hadir di Craft Center Royal Plaza Surabaya

P_20151102_123447-800x450Surabaya, KabarGress.Com – Makin menguatnya tren penggunaan batu berharga (gemstone) dan permata untuk perhiasaan membuat Indonesia Gemstone Community (IGS) sebagai wadah komunitas gemstone Indonesia, menggelar Surabaya Gemstone Festival (SGF), mulai hari ini hingga 8 Nopember 2015.

Tri Rismaharini, mantan Wali Kota Surabaya, berkesempatan membuka secara resmi event yang merupakan wadah bagi penambang, produsen, pedagang, distributor dan retailer batu berharga serta permata di Indonesia untuk unjuk gigi sekaligus dalam memasarkan produk unggulan mereka.

Dalam kesempatan itu, Risma mengutarakan jika perkembangan bisnis batu mulia dalam hal ini gemstone, akik dan batu permata sangat terasa hingga ke lapisan masyarakat paling bawah. “Untuk itu, saya sangat berharap agar masyarakat terus mau berusaha untuk dapat menggalakkan penggunaan akik dan batu mulia lain. Karena secara tidak langsung, dengan kita menghargai dan menggunakan salah satu hasil budaya kita tersebut, maka selain menjaga kearifan lokal, kita juga dapat menghidupkan perekonomian wong cilik,” terangnya.

“Harus ada inovasi dalam model yang dipakai dalam pengemasan batu mulia itu. Agar konsumen tidak jenuh, model dan tampilannya harus diubah. Banyak referensi yang dapat menginspirasi kita untuk mengubah tampilan batu akik dan batu mulia khas nusantara,” ujarnya.

Selain itu juga, imbuh dia, untuk mendongkrak penjualan, para produsen juga dapat mengembangkan kemasan yang dipakai dalam pemasaran batu akik dan batu mulia tersebut. “Selain model yang inovatif, agar konsumen tertarik, kita juga harus berinovasi pada kemasan yang dipakai juga harus menarik,” katanya.

Sementara itu, Founder IGS, Imron Mashoed, menuturkan jika saat ini industri batu berharga dan permata di Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan positif. “Tiap-tiap daerah di Indonesia saat ini telah memiliki gemstone khas yang berkualitas. Selain itu, keberadaan gemstone tersebut dapat mengangkat perekonomian warga sekitar yang ada,” ungkapnya.

Surabaya Gemstone Festival (SGF) adalah salah satu langkah untuk dapat mempertemukan produsen dan konsumen. “Event ini merupakan salah satu strategi ekonomi. Untuk mendorong perekonomian ekonomi lokal, kami menggalakkan bisnis batu permata dan gemstone lokal,” urainya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengatakan, jika dalam event tersebut diminati oleh para produsen yang tersebar di penjuru Nusantara. “Banyak produsen yang ikut berpartisipasi dalam event ini. Diantaranya, produsen dari Jakarta, Jawa Barat, Palu, Sumatra, Kalimantan, hingga Papua. Selain itu, tidak ketinggalan juga produsen lokal daerah Jawa Timur sendiri,” jelasnya.

Selain pameran akik dan gemstone, dalam event tersebut juga digelar kontes akik nasional. Dalam acara tersebut juga diselenggarakan talkshow dan edukasi mengenai bisnis batu berharga dan permata, hingga lelang akik dari seluruh penjuru Indonesia. (ro)

 

Teks foto: Tri Rismaharini, mantan Wali Kota Surabaya, menghadiri Surabaya Gemstone Festival (SGF), di Craft Center Royal Plaza Surabaya, Senin (2/11/2015).