24/10/2020

Jadikan yang Terdepan

AirAsia Layani Penerbangan Langsung Surabaya – Lombok

AirAsia Layani Penerbangan Langsung Surabaya - LombokPresiden Direktur AirAsia Indonesia, Sunu WidyatmokoSurabaya, KabarGress.Com  – Maskapai penerbangan berbiaya hemat terkemuka, AirAsia Indonesia telah resmi mengoperasikan rute penerbangan pulang pergi Surabaya-Lombok melalui penerbangan perdana pada Senin, 15 Desember 2014 yang lalu. Pengoperasian rute penerbangan langsung tersebut merupakan bagian dari upaya maskapai dalam mendukung konektivitas antar kota-kota besar di Indonesia disamping turut mempromosikan potensi wisata dan ekonomi lokal kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

Adapun penerbangan ini merupakan rute domestik pertama AirAsia Indonesia ke kawasan Nusa Tenggara, melengkapi 2 rute internasional yang telah ada saat ini dan dilayani AirAsia Malaysia seperti: Lombok – Kuala Lumpur (7x per minggu) dan Lombok – Johor Bahru (3x per minggu).

Rute penerbangan Surabaya – Lombok dioperasikan oleh AirAsia Indonesia setiap hari menggunakan armada Airbus A320 dengan kapasitas 180 penumpang. Adapun jadwal keberangkatan penerbangan dari Surabaya (QZ 7830) adalah pukul 09.05 WIB dan tiba di Lombok pada pukul 11.00 WITA, kemudian terbang kembali dari Lombok pukul 11.55 WITA dan tiba di Surabaya pukul 11.50 WIB.

Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Sunu Widyatmoko mengatakan, bahwa selain memberikan pilihan penerbangan hemat dan berkualitas, pengoperasian rute Surabaya-Lombok tersebut juga merupakan bagian dari upaya AirAsia Indonesia untuk memperkuat jaringan rute domestik dan memberikan konektivitas bagi kedua kota tersebut.

“Pembukaan rute ini diharapkan dapat memacu arus kunjungan pelaku bisnis dan wisatawan baik dari Surabaya ke Lombok maupun sebaliknya. Melalui hub maskapai di Surabaya, pelanggan dari Lombok juga dapat menikmati penerbangan menuju berbagai destinasi internasional. Kami merasa bangga dengan  pembukaan rute domestik di penghujung tahun 2014  ini, dan kami berharap dapat segera membuka rute-rute lainnya guna memperkuat jaringan yang menghubungkan berbagai wilayah di Tanah Air pada tahun 2015 mendatang”, tambah Sunu, Rabu (17/12/2014)

Penerbangan langsung Surabaya – Lombok ini akan menambah jumlah destinasi domestik AirAsia Indonesia yang dilayani dari hub Surabaya dari tiga menjadi empat destinasi, yaitu Jakarta, Bandung, Denpasar, dan Lombok. Sementara itu, rute internasional yang dilayani dari kota pahlawan ini antara lain menuju Singapura, Kuala Lumpur, Johor Bahru dan Penang.

Dengan mengoperasikan 137 penerbangan per minggu, di sepanjang periode Januari – Oktober 2014, AirAsia Indonesia telah melayani 1.218.873 penumpang dari dan menuju Surabaya, meningkat sebesar 6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 1.152.876 penumpang. Sementara itu, selama periode Januari – November 2014, AirAsia Indonesia telah menerbangkan lebih dari 8 juta penumpang. (tur)