03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Fujitsu Perkenalkan SPATIOWL

* Solusi Komprehensif dan Cerdas Hadapi Tantangan Pengelolaan Sistem Transportasi di Indonesia

* Menciptakan nilai-nilai baru yang penuh manfaat melalui penyediaan informasi kepada masyarakat yang dinamis, serta mendukung dalam perencanaan wilayah dan tata kota, serta menawarkan beragam layanan baru bagi penduduk

Hirofumi Nakao dan Made Sudharma.
Hirofumi Nakao dan Made Sudharma.

Jakarta, KabarGress.Com – Fujitsu, penyedia solusi bisnis berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terkemuka di dunia, hari ini memperkenalkan solusi terbarunya, yakni SPATIOWL ke pasar Indonesia. SPATIOWL merupakan sebuah layanan berbasis cloud yang memiliki kemampuan untuk mengelola dan mengolah data berbasis lokasi yang dihasilkan dari kendaraan bergerak maupun dari beragam jenis sensor lainnya.

Solusi komprehensif ini dihadirkan sebagai platform layanan dan pengelolaan data yang berfokus pada pengelolaan informasi berbasis lokasi. Dengan kemampuannya, SPATIOWL dapat diandalkan untuk menciptakan ekosistem transportasi yang benar-benar optimal berkat terkelolanya informasi secara komprehensif dan akurat secara real-time, didukung oleh tingginya jaminan keamanan, tingkat skalabilitas dan aksesibilitas, yang sangat bermanfaat baik bagi organisasi pengelola transportasi maupun masyarakat luas dalam rangka mewujudkan kualitas kehidupan masyarakat yang semakin efisien, terhubung dan semakin nyaman.

Manajemen transportasi saat ini telah menjadi unsur vital di dalam sebuah tata kelola wilayah. Kualitas dalam pengelolaannya secara nyata berpengaruh pada berjalannya pembangunan ekonomi maupun kemasyarakatan.

Sebagai contoh, kemacetan lalu lintas di Inggris dalam setahunnya diprediksi menimbulkan kerugian sekitar 4,3 milyar Euro, sementara di Jepang mencapai 12 Triliyun Yen dan di Amerika Serikat sendiri angka kerugian akibat kemacetan lalu lintas diprediksi mencapai USD15 milyar setiap tahunnya.

Made Sudharma, Country Head, Application Service, Fujitsu Indonesia, mengatakan, “Dalam rangka mengatasi berbagai tantangan dalam pengelolaan transportasi secara efektif, infrastruktur yang digunakan membutuhkan sistem manajemen strategis yang didukung platform pengelolaan data lalu lintas terintegrasi yang lengkap dan menyeluruh. Sistem manajemen tersebut juga harus memiliki tingkat skalabilitas tinggi, serta memiliki kemampuan mengolah data lalu lintas berbasis spasial yang melimpah atau big data, serta mendukung penyebaran dan pengaksesan informasi lalu lintas secara global dan real-time melalui beragam saluran, seperti layanan telematika yang dapat diakses oleh pengemudi, melalui aplikasi smartphone, tablet, PC, papan informasi elektronik, maupun dari beragam jenis layanan yang lain. SPATIOWL mampu menjawab semua kebutuhan tersebut dan terlebih lagi didukung oleh skalabilitas yang tinggi serta akses informasi secara global melalui lingkungan cloud Fujitsu.”

SPATIOWL merupakan solusi komprehensif yang dapat diimplementasikan sesuai dengan tingkat kebutuhan yang beragam dan telah terbukti efektif dalam mengatasi berbagai tantangan serta persoalan pengelolaan transportasi berkat pengalaman Fujitsu yang panjang yang lebih dari 79 tahun di bidang Information and Communications Technologi (ICT), serta lebih dari 30 tahun di bidang Information Technology Service (ITS) dan telematika. Kehadiran SPATIOWL selaras dengan visi global Fujitsu dalam memanfaatkan TIK untuk mewujudkan human centric intelligent society serta bertujuan untuk membawa kemakmuran bagi masyarakat dan menjadikan kehidupan yang semakin terjamin.

SPATIOWL meliputi dua jenis layanan yang berbeda, yakni platform-provisioning service and task-oriented services. Platform-provisioning service memanfaatkan probe data yang dihasilkan dari kendaraan bergerak serta data lokasi berskala besar yang didapatkan dari beragam jenis sensor. Data berlimpah tersebut kemudian dianalisis secara real-time, kemudian dihantarkan melalui komputasi cloud sebagai kumpulan-kumpulan fungsi yang saling terkait dengan data eksternal. Hal ini membawa banyak peluang, contohnya bagi perusahaan maupun kelompok pengguna yang lain. Mereka dapat membangun layanan yang unik sesuai dengan kebutuhan, serta mendukung mereka dalam mengolah segala macam data berbasis lokasi dan menciptakan nilai-nilai baru yang penuh manfaat, khususnya bagi mereka yang terlibat dalam perencanaan wilayah dan tata kota, atau untuk mendukung kegiatan reportase informasi lalu lintas secara real-time. Bahkan, layanan ini dapat pula dimanfaatkan untuk pengiriman informasi maupun layanan-layanan baru bagi penduduk.

Jenis layanan SPATIOWL berikutnya yang ditawarkan oleh Fujitsu adalah task-oriented services, yakni sebuah layanan spesial yang menawarkan pengumpulan data, berikut analisisnya, dilakukan oleh Fujitsu, serta pengadaptasian data untuk tujuan-tujuan tertentu sesuai kebutuhan. Layanan ini menawarkan penyediaan informasi lalu lintas dan layanan dukungan perutean bagi kendaraan komersial, serta layanan pengaksesan probe data yang meliputi layanan data dan prakiraan lalu lintas serta layanan analisis kondisi perutean. Selain layanan pengelolaan urban, Fujitsu juga menawarkan layanan telematika yang meliputi layanan informasi bergerak, Commercial Vehicle Telematics Service, serta layanan pemrosesan suara.

“Menimbang manfaat luar biasa yang dihadirkan SPATIOWL, selain sebagai solusi yang efektif untuk mengatasi beragam tantangan dan problema transportasi, organisasi bisnis pengelola jasa transportasi juga dapat memanfaatkannya untuk mendukung penciptaan bisnis baru disamping guna semakin meningkatkan kepuasan pelanggan mereka,” pungkas Made. (ro)