04/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Clariant Resmikan Investasi di Indonesia

• Perluasan Pabrik Clariant di Tangerang meningkatkan kapasitas produksi dan memperluasjajaran produk dan kemampuan dukungan

• Mendukung permintaan yang tinggi di pasar dalam dan luar negeri untuk produk pigmen, masterbatches, dan perawatan pribadi, serta bahan rumah tangga dan industri yang berkelanjutan

• Inisiatif pendidikan baru bagi masyarakat yang tinggal di dekat pabrik Clariant: Program Adopsi Sekolah Clariant (Clariant School Adoption Program)

CEO Clariant, Hariolf Kottmann, memberikan kata sambutan.
CEO Clariant, Hariolf Kottmann, memberikan kata sambutan.

Muttenz, Swiss, KabarGress.Com – Clariant, salah satu perusahaan terkemuka dunia di bidang bahan kimia khusus, meresmikan fasilitas tambahan untuk meningkatkan kemampuan produksi dan dukungan layanan bagi pelanggan di Indonesia dan Asia Tenggara dan Pasifik (SEA&P) pada acara pembukaan resmi di pabrik Clariant di Tangerang, hari ini.

Peningkatan yang signifikan dalam hal kapasitas produksi dan peningkatan (upgrade) fasilitas lokal akan mendukung adanya pertumbuhan yang tinggi dalam permintaan untuk produk pigmen, masterbatches, bahan perawatan pribadi, bahan perawatan rumah tangga dan industri di pasar dalam dan luar negeri.

Investasi pada Unit Bisnis Industri & Consumer Specialties, Masterbatches dan Pigmen menunjukan komitmen Clariant untuk memperkuat penyediaan layanan dengan nilai tambah bagi pelanggan di Indonesia dan SEA&P dalam jangka panjang. Clariant hadirdi delapan lokasi di Indonesia, dengan sekitar 800 karyawan di enam fasilitas produksidan tiga pusat aplikasi dan teknis. Clariant adalah salah satu pemimpin di Indonesia dan SEA&P di bidang pigmen, plastik, minyak & gas, katalis serta kilang minyak nabati. Pada tahun 2013, SEA&P menyumbang 30% dari penjualan Clariant di Asia dan 7% dari penjualan global.

Perluasan produksi dan kemampuan layanan Clariant di pabrik Tangerang meliputi:

– Peningkatan hingga dua kali lipat dari kapasitas produksi yang ada saat ini dan perluasanlaboratorium pengembangan aplikasi untuk meningkatkan dukungan bagi pelanggan di sektor perawatan pribadi dan industri. Peningkatan fasilitas-fasilitasini telah mendapatkansertifikasi ISO 22716 Cosmetics Good Manufacturing Practice (GMP).

– Pabrik baru untuk masterbatches yang dapat meningkatkan kapasitas produksi hingga dua kali lipat dengan opsi untuk peningkatan lebih lanjut. Investasi tersebut memperluas variasi dan ketersediaan produk Clariant untuk memenuhi permintaan dalam negeri untuk masterbatchesyang berasal dari berbagai produk end-industry, termasuk kemasan dan barang-barang konsumen.

– Pabrik persiapan pigmen baru yang dapat meningkatkan kapasitas hingga dua kali lipat untuk mendukung permintaan yang kian meningkat untuk produk pigmen berkualitas tinggi dan pigment preparations rendah Volatile organic compounds (VOC) sesuai dengan skema eco labeling seperti blue angeldan skema-skemalain yang setara di kawasan lain.

– Pabrik Clariant Tangerang telah menerima sertifikasi ISO 50001 Energy Management System.

Sertifikasi tolok ukur ini mendorong penghematan energi secara sistematis dan meningkatkan kinerja lingkungan yang lebih baik.

Hariolf Kottmann, CEO, menggarisbawahi pentingnya investsi strategis tersebut saat acara pembukaan, “Masa depan Clariant akan diputuskan di Asia, dan kami melihat Indonesia sebagai salah satu titik fokus untuk pertumbuhan berkelanjutan kami di kawasan SEA&P. Investasi pada kapasitas produksi, jajaran produk dan peningkatan layanan menunjukkan keyakinan kami terhadap potensi Indonesia dan pasar-nya serta komitmen kami untuk mendukung meningkat-nya permintaan di pasar dalam negeri dan luar negeri. ”

Keterlibatan aktif Clariant Indonesia dalam kegiatan-kegiatan tanggung jawab sosial dan komunitasdi area pabrik menegaskan komitmen mereka terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan.

Setelah sukses meluncurkan “Program Pengembangan Guru” (“Teacher Development Program”) pada tahun 2012 dan 2013, Clariant Indonesia telah meningkatkan upaya-upaya mereka terkait denganinisiatif-inisiatif pendidikan dan memperluas jangkauannya dengan peluncuran program baru –‘Program Adopsi Sekolah Clariant’ (‘Clariant School Adoption Program’).

Berkolaborasi dengan Putera Sampoerna Foundation, Clariant Indonesia akan mensponsori kelas intensif dan pelatihan on-the-job untuk para guru yang berasal dari sekolah negeri di daerah sekitar pabrikClariant selama enam bulan. Program baru ini bertujuan untuk lebih meningkatkan profesionalisme guru dan memberi dukunganbagi mereka dalam mendidik siswa untuk masa depan yang lebih baik. (ro)