30/04/2024

Jadikan yang Terdepan

Bupati Gresik Dukung Penuh Aksi Anak SMA Wakili Indonesia dalam INC 4 di Ottawa Kanada

Gresik, KABARGRESS.com – Selasa, (16/04/24) Gus Yani Bupati Gresik menerima Aeshnina Azzahra Aqilani, Siswi Kelas XI 5 SMA Muhammadiyah 10 Gresik di Kantor Bupati Gresik. Aeshnina Akan menghadiri Konferensi United nation for Environmental Programme (UNEP) 23-29 April 2024 di Ottawa Kanada.

Aeshnina mengatakan, konferensi tersebut membahas tentang draft global plastic treaty, dimana plastik kini menjadi krisis besar yang perlu mendapatkan perhatian khusus oleh pihak dunia.

“Dalam Konferensi ini Akan dibahas draft global plastic treaty atau kesepakatan global dalam mengatasi krisis plastik” ungkap Aeshnina.

lebih lanjut koordinator river warrior Indonesia ini menjelaskan bahwa  Intergovernmental Negotiating Committee ke empat (INC 4) Adalah kesepakatan global yang melibatkan Pemerintah, Akademisi, sektor swasta dan LSM untuk menanggulangi krisis pencemaran akibat sampah Plastik.

“Dengan INC 4 ini, kita libatkan seluruh pihak agar bersama-sama menanggulangi pencemaran plastik yang kian merusak” ucapnya.

Bupati Gresik mendukung aksi Nina, panggilan akrabnya, yang Akan Mendorong negara-negara maju untuk tidak membuang sampah Plastik ke wilayah Indonesia khususnya Gresik dan diharapkan Nina mempromosikan upaya-upaya Pemkab Gresik dalam mengurangi Plastik sekali pakai.

“Pemkab Gresik sudah memiliki Perda pengurangan Plastik sekali pakai, membangun TPST dan kampung-kampung Zerowaste di Gresik sebagai upaya untuk mengurangi pencemaran akibat sampah Plastik” Ujar Gus Yani.

Bupati Gresik ini juga mencontohkan bahwa dalam kegiatan OPD Pemkab Gresik memaksimalkan pengurangan bungkus Makanan dengan Plastik sekali pakai.

Pemkab Gresik juga menyatakan berkomitmen dalam upaya kerjasama dengan Negara Maju dalam upaya pengurangan sampah Plastik.

“Kami akan mengupayakan agar bisa bekerjasama dengan negara-negara maju dalam mengurangi sampah plastik ini” pungkasnya. (ZAK)