27/04/2024

Jadikan yang Terdepan

Antisipasi Banjir, Komisi C Dukung Langkah Pemkot Bangun Tanggul di Surabaya Barat

Surabaya, KABARGRESS.com – Komisi C DPRD kota Surabaya dukung penuh langkah Pemkot untuk pembangunan tanggul di daerah Pakal dan Benowo. Hal tersebut guna antisipasi banjir di tengah musim penghujan saat ini.

Sebelumnya, Pemkot Surabaya telah membangun tanggul sepanjang 2,5 kilometer dari kawasan Pakal Madya hingga Sumberrejo. Tujuan dari pembangunan ini untuk mencegah luapan air masuk ke rumah warga yang disebabkan banjir dari Kabupaten Gresik.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau lokasi pasca terjadinya banjir di kawasan Jalan Pakal Madya, Kecamatan Pakal. Langkah Wali Kota tersebut sangat didukung oleh Anggota Komisi C DPRD Surabaya, Abdul Ghoni Mukhlas Ni’am.

Dia mengatakan, pembangunan tanggul itu menjadi langkah taktis untuk mencegah banjir di wilayah Pakal. “Terpenting pembangunan tanggul sudah sesuai dengan kajian baik itu speknya, besteknya. Karena kalau tidak sesuai dengan kajian nanti akan timbul problem baru lagi,” ujarnya, Rabu (21/2/2024).

Abdul Ghoni menyebutkan, sebelumnya Komisi C sepakat terkait PSU (Prasarana, Sarana, Utilitas). Hal tersebut setidaknya bisa dikoneksikan dan menjadi salah satu solusi untuk mengatasi persoalan banjir yang ada di kota Surabaya, khususnya di daerah Pakal.

Dirinya menerangkan, pembangunan tanggul di Pakal harus sesuai dengan spesifikasi dan kualitas material jangan asal bangun. “Jika main asal bangun tanpa melihat standar spesifikasi yang ada, maka kita akan lakukan pemanggilan pihak terkait sesuai dengan alur dan mekanisme yang berlaku” tegas Sekretaris Fraksi PDIP DPRD Kota Surabaya ini.

Dia menerangkan, baik dinas, kontraktor dan yang menjadi mitra kerja Komisi C akan dipanggil. Karena telah menjadi wewenang Komisi C untuk bersinergi bersama mitra kerja dalam membangun tanggul dan memberi kenyamanan untuk warga Surabaya yang terdampak banjir.

“Gerak cepat sat-set Walikota Eri Cahyadi memberi solusi banjir di Pakal perlu kita apresiasi. Untuk itu, warga masyarakat agar bersabar karena Pemkot Surabaya sudah melakukan cara dengan membangun tanggul di Pakal,” pungkasnya. (ADV)