27/04/2024

Jadikan yang Terdepan

Pemilu Berlangsung Kondusif, Komisi A Sebut Partisipasi Masyarakat Meningkat

Surabaya, KABARGRESS.com – Pemilu 2024 di kota Surabaya telah berlangsung secara mulus dan kondusif. Acara yang dilaksanakan serentak untuk memilih Capres – Cawapres, DPD, DPR-RI, DPRD I dan DPRD II ini mendapatkan peningkatan yang signifikan dalam partisipasi masyarakatnya.

Ini disampaikan langsung oleh Arif Fathoni selaku Ketua Komisi A DPRD Surabaya yang membidangi hukum dan pemerintahan. Dia mengatakan, suasana Pemilu kali ini memperlihatkan kualitas demokrasi yang meningkat.

“Alhamdulillah secara umum pelaksanaan pemilu di kota Surabaya berlangsung dengan baik, karena kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya mengalami peningkatan,” ucap Arif Fathoni Rabu (14/02/2024).

Dia juga menjelaskan, partisipasi dari masyarakat untuk datang dan melakukan pencoblosan di TPS ini juga meningkat dibandingkan dengan Pemilu tahun 2019 lalu.

“Ini menunjukkan kualitas demokrasi kita mengalami peningkatan,” ujar Politisi muda Fraksi Partai Golkar ini.

Misalpun ada pelaporan kertas suara dapil kota yang tertukar, lanjutnya, hal tersebut menjadi persoalan teknis yang terjadi tiap pemilu ke pemilu.

“Itu bukan potensi kecurangan yang terstruktur, sistematis dan masif, sehingga secara umum KPU Kota Surabaya dan Bawaslu ditunjuang oleh Forkompinda, sudah bekerja dengan baik menyiapkan pemilu 2024 ini,” ucap pria yang kini menjabat Ketua DPD II Partai Golkar Kota Surabaya ini.

Sehubungan dengan Hasil Quick Count Capres yang dimenangkan oleh Paslon Prabowo-Gibran yang berpotensi satu putaran karena angka yang jauh secara signifikan, Toni, sapaan akrabnya, berucap syukur atas pencapaian atas calon yang diusung oleh partainya.

“Hasil Quick Count patut disyukuri, hal ini sesuai dengan ikhtiar dan doa kami selama ini di kota Surabaya, Alhamdulillah TKD Surabaya bisa menjadi salah satu kontributor yang mengantarkan paslon Prabowo Gibran menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029,” jawabnya.

Namun dia juga berpesan kepada para pendukung dan relawan Prabowo-Gibran untuk tidak euforia berlebih atas kemenangan Paslon mereka.

“Cukup dengan bersyukur kepada Tuhan YME sambil menunggu hasil rekapitulasi resmi yang akan disampaikan KPU RI Bulan Maret mendatang,” pintanya.

Dia menegaskan jika Pemilu sudah selesai dan kini saatnya masyarakat Surabaya bersatu kembali sebagai sebuah bangsa. “Agar energi bangsa bisa digunakan untuk membangun Indonesia dalam menyongsong Indonesia emas 2045 mendatang,” pungkasnya. (ADV)