09/05/2024

Jadikan yang Terdepan

UNIVERSITAS WIJAYA KUSUMA SURABAYA LANTIK DAN AMBIL SUMPAH 45 DOKTER

KabarGress.com – Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya ( UWKS) bertempat di gedung Bangsal Pancasila melaksanakan Pelantikan dan Sumpah terhadap 45 dokter yang dinyatakan Lulus Mengikuti Ujian Kompetensi Pendidikan Profesi Dokter ( UKMPPD) , Kamis 14 Juni 2024.

Wakil Dekan ( Wadek ) 3 Bidang Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran Dr. Sukma Sahadewa menuturkan Pelantikan dan Sumpah dokter saat ini merupakan periode pertama tahun 2023 dikuti Dokter yang lulus Ujian Kompetensi Pendidikan Profesi Dokter .

Dan 45 dokter yang dilantik dan disumpah ini berdasarkan ketentuan tidak serta Merta bisa melakukan praktek mandiri , tetapi harus masuk program intensif pemerintah .

” Mereka harus ikut program intensif pemerintah 1 tahun dulu . Melaksanakan penempatan tugas di berbagai daerah ,” jelas Dr. Sukma Sahadewa.

Sementara untuk total Alumni Fakultas Kedokteran Wijaya Kusuma Surabaya ( FKWKS ) tahun 2023 ini sebanyak 5447 dokter yang mengemban tugas tersebar di seluruh Indonesia dan di luar negeri .

” Dokter Alumni UWKS tugas nya selain hampir disemua provinsi di Indonesia ada juga yang bertugas di Luar negeri ,” jelasnya.

45 dokter ini saat mengikuti program instensif dari pemerintah tetap memperoleh gaji seperti para dokter umumnya. Namun mereka dilarang atau belum di perbolehkan melakukan praktek mandiri dan membuka klinik.

” Setelah satu tahun mengikuti program intensif , mereka diperbolehkan menempuh jenjang studi. Mengambil program spesialis atau menempuh jenjang study S2, misalnya,” ujar Dr. Sukma Sahadewa,menambahkan.

Seperti biasa giat akademik UWKS sebelum prosesi dilangsungkan agar lebih kihmad dan meriah didahulu pendahuluan dengan tari -tarian. Sebagai kampus yang menjunjung tinggi kebudayaan , setiap giat kampus tari -tarian mewarnai kegiatan.

” Karena kampus berbudaya acara yang kami lakukan di mulai dari pembukaan dengan tariĀ²an Majapahit untuk bagaimana memberikan suatu nilai budaya yang menjadi tititinemu dari UWKS ,” pungkasnya ( Ery)