27/04/2024

Jadikan yang Terdepan

PELABUHAN PERIKANAN PASONGSONGAN SOSIALISASI PELAYANAN DOKUMEN KAPAL

KabarGress.com – Dinas Kelautan dan Perikanan ( Diskanla ) Provinsi Jawa Timur lewat Unit Pelaksana Teknis ( UPT) Pelabuhan Perikanan Pantai ( PPP) Pasongsongan kabupaten Sumenep Madura , melaksanakan sosialisasi Pelayanan dokumen Kapal kepada nelayan.

Pelayanan teknis pendokumenan kapal nelayan dilaksanakan UPT PPP Pasongsongan berdasarkan tugas pokok dan fungsi nya dalam pelayanan masyarakat nelayan dan pelaku usaha bidang perikanan tangkap. Sosialisasi dilaksanakan bentuk upaya nyata Diskanla Jatim melalui UPT PPP yang berada di daerah.

UPT PPP Pasongsongan merupakan unsur pelaksana teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang tertentu, untuk melaksanakan hal tersebut, UPT PPP Pasongsongan memiliki fungsi pelaksanaan pelayanan masyarakat.

Sosialisasi serta fasilitasi pelayanan dokumen kapal perikanan digelar Jum’at, 12 Mei 2023 di Aula UPT PPP Pasongsongan dihadiri 50 orang nelayan kecil dengan kategori memiliki kapal di bawah 7 GT. Sosialisasi dan fasilitasi dibuka oleh Khairus Sholeh, S.Pi, MM selaku Kepala Seksi Pelayanan Teknis Pelabuhan UPT PPP Pasongsongan.

Sosialisasi pelayanan pendokumenan kapal nelayan di bawah 7 GT mendapat sambutan positif oleh para nelayan Madura. ” Sosialisasi pelayanan penerbitan dokumen kapal GT kecil tentu sangat bermanfaat bagi kami nelayan kecil ,” katanya. ” Dan kegiatan seperti ini memudahkan kami nelayan untuk mendapatkan pelayanan permohonan dokumen kapal kami,” sambung nelayan peserta sosialisasi.

Para nelayan ini mengakui bahwa sosialisasi pelayanan dokumen dinilai sangat bermanfaat bagi para nelayan . Pengakuan para nelayan peserta sosialisasi ini selaras dengan sambutan Kasi Pelayanan Teknis UPT PPP Pasongsongan Sholeh . ” Dengan giat sosialisasi dan fasilitasi pelayanan dokumen kapal perikanan ini, kehadiran UPT PPP Pasongsongan kian terasa manfaatnya bagi masyarakat nelayan dan pesisir di Madura, khususnya daerah Pasongsongan,” ujar Sholeh.

Sosialisasi layanan dokumen kapal nelayan bertindak sebagai Pemateri Kepala KSOP kelas IV Kalianget dan Joni Hariyanto,S.Pi, Kepala Bidang Pengelolaan Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep. Kegiatan tersebut juga dilakukan pembentukan dan pembinaan Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan yang tujuannya dari pemberdayaan diantaranya adalah meningkatkan kemampuan dan kapasitas nelayan serta menumbuhkembangkan system dan kelembagaan pembiayaan yang melayani kepentingan usaha.

“Dengan adanya kelompok nelayan serta penguatan kelembagaan, nelayan dapat menjalankan usaha yang mandiri, produktif, maju, modern dan berkelanjutan, serta dapat mengembangkan prinsip kelestarian lingkungan.”, tandas Joni

Acara sosialisasi dan fasilitasi ditutup dengan pembagian dokumen diantaranya : 39 E-Pas kecil, 37 NIB, 37 TDKP, 32 BPJS Ketenagakerjaan. Dengan adanya kolaborasi antar stake holder, kehadiran pemerintah diharapkan kian dirasakan manfaatnya oleh nelayan, salah satunya dengan penataan kampung nelayan yang tujuannya tak lain adalah meningkatkan akses masyarakat nelayan untuk kegiatan social ekonomi serta menyediakan pemukiman yang layak huni dan berkelanjutan. (Adv/ Ery)