27/04/2024

Jadikan yang Terdepan

Dengan SIAKBA, Daftar PKK dan PPS Pemilu 2024 Semakin Mudah

Surabaya, Kabargress.com – Pendaftaran Badan Ad Hoc KPU untuk PPK dan PPS di pemilu 2024 akan segera dibuka. Pendaftaran kali ini akan dipermudah dengan dilakukan secara online melalui link https://siakba.kpu.go.id/

Komisioner KPU Surabaya, Subairi mengatakan, pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) nantinya dilakukan secara online melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan badan Ad Hoc (Siakba).

“Disini para pendaftar tidak lagi ribet. Nantinya tinggal klik di Siakba.kpu.go.id nanti formulir yang mau diisi itu semuanya sudah ada” terang Bairi sapaan akrabnya.

Dia menjelaskan, dengan dilakukannya secara online melalui Siakba ini, diharapkan akan lebih tertib, efektif dan efisien. Semua akan terfasilitasi dan terlayani dengan baik.

“Dengan itu, akan mempermudah masyarakat Surabaya yang akan mendaftar PPK ataupun PPS pada Pemilu 2024 mendatang” jelas Bairi.

Namun, lanjut Bairi, pendaftaran belum bisa dilakukan dikarenakan masih menunggu regulasi resmi dari pusat. “Sejauh ini belum turun tahapan atau jadwalnya. Tapi PKPU sudah turun. Disana tertera dilakukan sistem online melalui Siakba ini” terangnya.

Bairi mengatakan, untuk saat ini dapat dilakukan simulasi dan dilakukan uji beban pada aplikasi Siakba. Jadi sebelum nanti telah dibuka, para pendaftar dapat melakukan simulasi pendaftaran disana.

Dalam sistem seleksinya sendiri menjadi lebih mudah. Bairi menyebutkan, secara teknis setelah mendaftar, 1×24 jam nanti langsung mendapatkan balasan bahwa yang bersangkutan telah memenuhi syarat. Kalaupun ada yang belum terpenuhi, segera memenuhi persyaratan tersebut.

“Insyaallah lebih fleksibel, praktis, cepat, efektif dan efisien” pungkasnya. (ZAK)