19/05/2024

Jadikan yang Terdepan

Pameran Lukisan Semarakkan Peringatan Bulan Bung Karno di Untag Surabaya

Surabaya – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kebangsaan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menggelar Pameran Lukisan bertajuk “Pancasila dan Bung Karno”, Senin (21/6). Kegiatan perdana yang dilaksanakan oleh UKM penciri Kampus Merah Putih ini terlaksana di Plasa Proklamasi, Graha Wiyata lantai 1, Untag Surabaya dengan menerapkan protokol kesehatan. Sejumlah 30 seniman yang berasal dari Ikatan Wanita Pelukis Indonesia, Ikatan Pelukis Cat Air Surabaya dan Perupa Jawa Timur ikut meramaikan pameran ini.

Membuka acara, Wakil Walikota Surabaya, Ir. Armudji, MH., memberikan apresiasi terhadap Untag Surabaya. Menurutnya, tidak banyak kampus yang memperingati bulan Bung Karno. Terlebih panitia penyelenggara merupakan mahasiswa. “Saya mengapresiasi terhadap adek-adek UKM Kebangsaan. Ini menunjukkan Untag Surabaya mengingat betul bahwa bung Karno merupakan Bapak Bangsa Indonesia,” ungkap Armudji.

Kegiatan kali ini bukanlah yang pertama kali dilakukan Untag Surabaya dalam memperingati bulan Bung Karno dan bulan Pancasila. Rektor Untag Surabaya, Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA menuturkan, “Ini merupakan kebanggaan kita semua karena bulan Juni merupakan bulan Bung Karno. Ide berdirinya Untag Surabaya sendiri juga berasal dari bung Karno, maka sudah selayaknya diapresiasi”.

Sementara itu, koordinator pelukis, Budibi berharap karya seni mampu menjadi pemersatu budaya dan menjunjung tinggi kebhinekaan, utamanya dengan tema Pancasila dan Bung Karno. “Bung Karno sosok penuh aspirasi yang patut dibanggakan,” ungkapnya.

Pameran lukisan “Pancasila dan Bung Karno” berlangsung hingga Jumat mendatang dengan berbagai rangkaian kegiatan: talkshow “Refleksi Pancasila” dengan narasumber Nuniek Silalahi dan Muit Arsi. Serta melukis on the spot dan kesenian mahasiswa menjadi penutup kegiatan. (ZAK)