20/05/2024

Jadikan yang Terdepan

DINAS KEHUTANAN SIAP SUKSESKAN PROGRAM PERHUTANAN SOSIAL PRESIDEN JOKOWI

Surabaya , KabarGress.com – Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur ngebut sukseskan program Perhutanan sosial bersama masyarakat selama 35 tahun kedepan. Penegasan ini disampaikan Kabid PDASPS , Deden Suhendi ,S.Hut, MM, Rabu (2/6/21)

Menurut Kang Deden demikian Kabid PDASPS akrab disapa ini Pemprov Jawa Timur mengawal program Presiden Jokowi terkait implementasi PS di Tapak .

” Program ini dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan dengan tetap memperhatikan kelestarian hutan yang di manfaatkan bersama pengelola ,”ujarnya.

Pengelola kawasan hutan tersebut lanjut Kang Deden terdiri , Perum Perhutani , UPTKLHK , Tahura Ra. Soeja. Capaian kehutanan / PS di Jawa Timur lanjut Kang Deden sampai saat ini telah melebihi target yang ditetapkan oleh KLHK.

” Alhamdulillah, Capaian Jawa Timur seluas 143. 119,30 ha dengan Petani Penggarap 94.915 Kepala Keluarga sukses. hal tersebut di buktikan penerimaan award untuk Bu Gubernur atas Capaian tersebut , dari NGO Pegiat PS Nasional , “imbuhnya

Di Provinsi Jawa TIMUR Terdapat beberapa Kelompok PS yang menjadi Rulle Model Nasional dalam waktu dekat bakal di kunjungi Presiden. Diantaranya di kabupaten Lumajang.

Ke depan tambah kang Deden Pemprov Jawa Timur akan meningkatkan sinergitas dan kolaboratif dengan Pemerintah Daerah setempat ,KLHK dan para pegiat lainnya untuk pelaksanaan pendampingan kelola usaha perhutanan Sosial.

” Hal itu sesuai arahan Bapak Presiden dalam Ratas bulan November 2020 tahun kemaren ,” tandas Kang Deden.

Masih Kata Kang Deden , Dinas Kehutanan akan meningkatkan , pendampingan kelompok PS atas tatakelola kelembagaan, tata kelola kawasan dan tata kelola usaha bersama para pihak di Jawa Timur agar supaya tujuan pemerintah keberadaan kawasan hutan dapat di kelola dengan lestari dan mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat . (Ery)