17/05/2024

Jadikan yang Terdepan

Gus Ipul Terima Kunker DPR-RI Komisi IX

Wagub Jatim menyambut kedatangan rombongan dari Komisi IX DPR RI di Ruang Kertanegara Jl Pahlawan 110 SurabayaSurabaya, KabarGress.Com – Wakil Gubernur Jatim Drs H SaifullahYusuf yang akrab disapa Gus Ipul menerima Tim kunjungan kerja DPR-RI Komisi IX, di ruang Kertanegara Kantor Gubernur Jatim Jl Pahlawan no 110 Surabaya, Senin (11/5).

Tim yang membidangi kesehatan, ketenagakerjaan, BNP2TKI, Badan POM, BKKBN, BPJS ini mengadakan kunker ke Jatim dalam reses masa persidangan III tahun sidang 2014 – 2015. Tujuannya untuk menyerap aspirasi yang ada di Jatim.

Rombongan yang dipimpin Pius Lustrilanang, SIP, MSi terdiri dari 24 orang, antara lain Ketua Komisi IX Dede Yusuf Macan Effendi, Rieke Diah Pitaloka, Dra Hj Okky Asokawati, Msi, dan lain-lain.

Selama mengadakan kunker ke Jatim tgl. 9 – 13 Mei mengadakan pertemuan dengan Kepala Dinas Kesehatan Kab/ Kota se Jatim, dan Badan pengawas Rumah Sakit (BPRS) serta peninjauan ke RS dr Soetomo. Selain itu juga mengadakan pertemuan dengan Bupati Sidoarjo dan jajaran SKPD Kab Sidoarjo, peninjuan ke BLK Kab Sidoarjo, dan peninjauan ke PT HM Sampoerna TBK Rungkut Surabaya.

????????????????????????????????????

Dalam kesempatan itu Gus Ipul mengutarakan bahwa pelayanan kesehatan program BPJS diraskan masih ada masalah, antara lain distribusi tenaga dokter yang tidak merata, hampir terkonstentrasi di Surabaya dan Sidoarjo yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi.

Menurut Gus Ipul, sekarang banyak rumah sakit type B tapi dokternya tidak ada. Sementara para dokter lebih banyak yang praktek di RS swasta daripada di RS umum. Hal itu berarti pemerintah tidak bisa memberikan kontrol penugasan, sehingga dokter mengikuti pasar, artinya mengikuti pasien yang bisa membayar, bukan melayani yang membutuhkan.

“Oleh karena itu, perlu regulasi yang lebih konkrit dan lebih serius, kalau tidak, maka akan sulit untuk mengaturnya. Pemerataan tenaga kesehatan ini sangat penting, dengan adanya BPJS konkritnya jumlah pasien bertambah sedangkan pelayanan belum maksimal,” ujarnya.

Dalam penerimaan tersebut Wagub didampingi Asisten Sekda Prov Jatim bidang Kesra, disnaker, dinkes, BKKBN, serikat pekerja, dan BPJS. (hery)

Teks foto:

– Wagub Jatim menyambut kedatangan rombongan dari Komisi IX DPR RI di Ruang Kertanegara Jl Pahlawan 110 Surabaya.

– Wagub Jatim, Gus Ipul, bertukar cinderamata dengan pimpinan rombongan Komisi IX DPR RI, Pius Lustrilanang.