26/04/2024

Jadikan yang Terdepan

Dukung Pariwisata NTB, Jaringan XL Siap Sukseskan Event “Tambora Menyapa Dunia”

Dompu, KabarGress.Com – PT XL Axiata Tbk (XL) terus berusaha memberikan layanan kepada masyarakat di berbagai daerah terpencil di Nusantara. Salah satu daerah yang telah mendapatkan layanan XL adalah Dompu di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Jaringan XL tersebut kini siap mendukung event “Tambora Menyapa Dunia” guna memperingati 200 tahun erupsi Gunung Tambora, yang merupakan letusan gunung terbesar dan terdahsyat di dunia dalam 300 tahun terakhir.

VP East Region XL, Desy Sari Dewi mengatakan, “Jaringan XL di Sumbawa bukan saja terus kami perluas, namun juga kami tingkatkan kualitasnya. Karena itu, modernisasi jaringan di Sumbawa menjadi prioritas dengan pertimbangan antara lain agar mampu memberikan kontribusi bagi aktivitas ekonomi masyarakat setempat, termasuk pemerintah daerah setempat yang berusaha membangkitkan dunia pariwisata. Gunung Tamboro menjadi salah satu destinasi wisata yang diunggulkan di Sumbawa, yang memang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Kami berkomitmen untuk mendukung hal ini.”

Desy menambahkan, dengan jaringan yang sudah siap, XL pun bertekat untuk ikut mensukseskan hajatan internasional “Tambora Menyapa Dunia”, yang menjadi sarana untuk mempromosikan pariwisata Sumbawa dan NTB. Jaringan XL di Sumbawa antara lain didukung dengan lebih dari 400 BTS (Base Transceiver Station) 2G dan 3G. Dengan demikian layanan data yang memiliki manfaat besar mendukung promosi pariwisata sudah tersedia di Sumbawa dan sekitarnya. Apalagi dalam rangkaian event yang puncaknya terjadi pada 11 April 2015 nanti itu juga diselenggarakan berbagai agenda yang bersekala internasional. Diperkirakan event ini akan dihadiri oleh sekitar 15 ribu wisatawan, dalam dan manca negara.

Akhir Februari 2015 lalu, XL telah mengikat kerjasama bekerjasama dengan kalangan dunia pariwisata NTB untuk mempromosikan pariwisata dengan antara lain menyediakan layanan digital untuk promosi. Dengan layanan ini, kedua pihak berharap bisa bersama-sama mengangkat potensi ekonomi daerah, terutama yang bisa dibangun melalui industri pariwisata. Salah satu hal yang akan mendapatkan dukungann dari XL adalah ikut mempromosikan potensi wisata Tambora.

Secara umum, NTB adalah salah satu daerah dengan lebih dari 90 persen pengguna layanan seluler merupakan pelanggan XL. NTB juga merupakan daerah dengan infrastruktur jaringan terbaik, di mana jaringan backbone XL melintasi daerah ini, dan tersambung dengan jaringan utama ke seluruh pulau-pulau utama lainnya. Terdapat sedikitnya lebih dari 1600 BTS XL di seluruh NTB, sebanyak 600 di antaranya adalah BTS 3G.

Di seluruh Indonesia XL diperkuat dengan lebih dari 52 ribu BTS 2G/3G. Selain itu, XL juga telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 30 ribu km yang menghubungkan hampir semua pulau-pulau utama di Indonesia. Dari waktu ke waktu XL senantiasa berusaha meningkatkan kualitas layanan dan jaringan sehingga bisa semakin bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. (ro)