30/01/2024

Jadikan yang Terdepan

Penyaluran Kredit Perbankan di Jawa Timur Meningkat 8,45 Persen

Surabaya, kabargress.com – Penyaluran kredit perbankan di Jatim secara year on year (yoy) Desember 2022 – Desember 2023 meningkat 8,45% dan trendnya terus naik. Ungkap Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jatim, Doddy Zulverdi, pada acara Bincang Bareng Media (BBM), Senin (29/01/2024).

Indikatornya, lanjut Doddy, pada triwulan ke-2 tahun 2022 penyaluran kredit perbankan di Jatim mencapai 7,27%, naik 8,17% di periode yang sama tahun 2023.

Sementara di triwulan ke-4 tahun 2023, tambah Doddy, pertumbuhan kredit naik lagi menjadi 8,45%, ini disertai dengan tingkat kualitas kreditnya yang terjaga, yang membuat NPL perbankan di Jatim turun di triwulan ke-3 tahun 2023.

“Ini suatu yang positif karena kita mampu terus mendorong kredit perbankan di Jatim tanpa memicu kenaikan kredit macet,” terang Doddy Zulverdi.

Ia menjelaskan, kredit perbankan baik kepada korporasi, perusahaan, rumah tangga, kredit konsumsi terutama masih naik dan positif.

Doddy Zulverdi menambahkan, ini menunjukkan bahwa optimisme perbankan di Jatim dalam menyalurkan kredit baik itu ke korporasi, rumah tangga itu masih tinggi di tengah ketidakpastian yang ada namun perbankan di Jatim masih optimis.

“Sehingga perbankan masih terus melakukan ekspansi penyaluran kredit di Jatim,” ungkapnya.

Menurut Doddy, saat ini yang perlu kita dorong adalah upaya untuk mencari peluang-peluang, agar perbankan bisa terus mencari area-area atau sektor-sektor yang bisa berpotensi dalam peningkatan kredit perbankannya.

Yang melegakan, Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur mencatat adanya trend penurunan kredit macet perbankan atau Non Performing Loan (NPL). “Turunnya NPL perbankan dapat memacu pertumbuhan ekonomi Jatim di 2024. Kualitas kredit yang terjaga membuat NPL perbankan di Jatim trendnya menurun,” ujarnya.

“Jadi dari sisi intermediasi perbankan, kredit macet di Jatim trendnya terus menurun sepanjang 2023 dan ini baik untuk kondisi perekonomian di Jatim,” pungkasnya. (Ro)