06/01/2023

Jadikan yang Terdepan

KADINKES KHASIL ROHMAD : VAKSINASI LANSIA DI TARGETKAN SELESAI OKTOBER

Tulungagung , KabarGress.com – Kepala Dinas Kesehatan  ( Kadinkses) Kabupaten Tulungagung dr Khasil Rohmad targetkan Vaksinasi Lansia 12 persen dapat di tuntaskan akhir Oktober
2021.

” Target utamanya vaksinasi Lansia 12 persen akhir Oktober ini ,” kata Rohmad , Kamis (14/10/21)

Untuk optimalisasi sasaran dan target  Khasil Rohmad mengaku akan melibatkan semua stakeholder . ” Termasuk layanan Vaksinasi Lansia ke wilayah RW ,  bersama tiga pilar , ” Imbuh dia.

Penegasan Kadinkes ini di sampaikan ketika rapat kordinasi ( Rakor)  bertempat di Pendopo Kongad Arum Kusumo Ning Bongso.

Khasil Rohmad lebih lanjut mengatakan untuk capaian Layanan Vaksinasi Lansia  tersebut Dinkes akan turun ke bawah lewat skema door to door .

” Petugas Vaksinasi bersama stakeholder dan pilar ketiga akan jemput bola turun ke kampung  layani vaksin Lansia , ”  terang Rohmad kepada awak media.

Namun lantaran terbentuk terbatasnya stok  vaksin program jemput bola  dimaksud belum dapat dilakukan.

Sementara erat kaitannya  vaksin di akui rentan terhadap suhu. Agar keamanan vaksin safety terjamin temperatur suhu idealnya minus 90 derajat .

” Namun suhu  minus ²⁰’ usia vaksin hanya satu bulan. Vaksin _fizzer_  tidak boleh sampai 12 jam. Maka  door to door untuk saat ini belum  di laksanakan ,” jelasnya

Terkait target di pasang dari 271 Desa , setiap desa 30 sampai 50 Lansia. Harapannya sosialisasi vaksinasi Lansia ini mendapat respon positif di masyarakat .

” Dengan vaksinasi berarti menjaga imunitas tubuh . Ikut vaksin berarti menjaga kesehatan diri ,” pungkasnya  (Adn)