07/01/2023

Jadikan yang Terdepan

KAPOLRI BERSAMA MENTAN BAHAS SWASEMBADA BERAS DAN PUPUK BERSUBSIDI

Jakarta , KabarGress.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terima Audensi Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo ,bertempat di Mabes Polri Senin (17/5/21).

Kedua pejabat tinggi tersebut membahas penguatan sektor pertanian yang didalamnya menyinggung swasembada beras dan pengawalan distribusi pupuk subsidi kepada petani.

Swasembada beras merupakan cita-cita bersama . Indonesia tidak saja mencukupi kebutuhan rakyatnya melainkan bisa ekspor ke negara-negara yang membutuhkan

“Kami ( Polri, red )siap membackup jumlah panen padi petani. Dengan swasembada beras bisa kita ekspor,” dalam keterangan tertulisnya.

Listyo Sigit meminta support dari Kementrian Pertanian berupa data pendistribusian. Dengan begitu, jajaran Polri dengan sangat mudah untuk melakukan monitoring atau pengawasan dalam pendistribusian pupuk subsidi tersebut.

“Kami butuh peta pendistribusian pupuk dimana saja, agar amggota bisa memonitor, dapat ditelusuri dimana akar permasalahannya, terpenting petani tidak dirugikan,” tandasnya.

Polri juga mendukung produksi kedelai dalam negeri, pemetaan lahan tanam kedelai yang ada segera dilakukan agar produksi dalam negeri ikut terdorong.

“Kedelai dalam negeri harus habis dulu baru ekspor, stok dalam negeri harus dihitung agar tidak terjadi kelangkaan,” tambahnya.

Sementara Menteri menyampaikan sangat berterima kasih kepada jajaran Korps Bhayangkara yang selama ini telah banyak berkonstrubusi dalam menjaga kestabilan harga dan ketersediaan pangan, ujarnya.

“Semua sembako dapat terjaga karena Satgas Pangan Polri membantu dengan baik,” ungkapnya.

Ia sangat mengharapkan dukungan penuh Kepolisian untuk menjaga sektor pertanian terutama 11 komoditi pertanian prioritas dengan nota kesepahaman ( MoU ) juga komoditi prioritas pembudidayaan sarang burung walet,” pintanya ( Adn / hum)