09/02/2021

Jadikan yang Terdepan

RSHU Lakukan Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama untuk Nakes Lansia

Surabaya, Kabargress.com – Vaksinasi tahap pertama masih terus dilakukan. Kali ini vaksinasi diperuntukkan bagi para tenaga kesehatan (nakes) lansia. Rumah Sakit Husada Utama (RSHU) menjadi salah satu tempat dilaksanakannya, Senin (08/02/21)

Didi Dewanto selaku direktur RSHU mengatakan, nakes lansia ini berkisar umur 60 ke atas, dengan jumlah total pasien 20 orang. Perkiraan pelaksanaan vaksinasi ini terhitung hingga 3 hari sejak dilakukannya vaksinasi hari pertama.

Pelaksanaan vaksinasi untuk lansia ini baru diperbolehkan oleh Menteri Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kota pada malam, hari Minggu (07/02/21).

Kebanyakan nakes lansia yang melaksanakan vaksinasi adalah nakes yang memiliki Surat Izin Praktik (SIP) di RSHU, yang dimana mereka mudah terpapar Covid-19 juga saat melayani pasien.

“Insyaallah sih, vaksin ini aman yah menjadi antiseptik agar virus tidak liar di dalam tubuh kita,” harapnya.

Didi juga mengatakan, vaksinasi kedua dilakukan setelah 28 hari dari vaksinasi pertama terlaksana. Hal ini sesuai dengan anjuran Menteri Kesehatan.

“Dibedakan dengan umur 18-59 tahun kemarin 14 hari, untuk lansia ini 28 hari atau 4 Minggu,” papar Didi.

Diketahui, umur tertua dari pasien vaksinasi di RSHU ini adalah umur 84 tahun, dan secara teknis vaksinasi kali ini sama dengan yang dilakukan untuk umur 18-59 tahun kemarin.

Didi mengusahakan agar vaksinasi dilakukan lebih ketat. Karena para lansia memiliki penyakit-penyakit yang relatif dapat menunda atau bahkan membatalkan proses vaksinasi yang dilakukan.

“Sampai saat ini belum ada yang tertunda, Alhamdulillah sehat semua. Tensinya juga gak tinggi-tinggi banget, berbeda dengan yang muda-muda,” ungkapnya. (ZAK)