26/09/2020

Jadikan yang Terdepan

Wakil Ketua DPRD Surabaya Desak Pemkot Segera Cairkan Gaji ke 13

Laila Mufidah

Surabaya, Kabargress.Com – Gaji ke 13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sangat diharapkan, terutama ditengah pandemi Covid-19 untuk meningkatkan kesejahteraan. Namun harapan itu masih sebatas angan-angan karena hingga akhir Agustus ini mereka belum menerima gaji ke 13.

Keluhan itu diterima wakil rakyat. Mereka curhat kepada Wakil Ketua DRPD Kota Surabaya, Laila Mufidah, lantaran haknya tersendat. Politisi PKB ini pun mendesak pemerintah supaya memenuhi hak ASN. “Sebab daerah lain sudah melakukan  kewajiban memberi gaji ke 13 kepada penerimanya. Harusnya sudah cair,” kata Laila.

Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknya akan mengundang pemkot untuk mempertanyakan perihal itu. “Kita akan tanyakan kepada pak sekda,” lanjut Laila.

Menurut Laila pemerintah pusat sudah memberi instruksi daerah-daerah supaya gaji-13 dicairkan pertengahan Agustus. “Kasihan mereka yang belum menerima gaji-13, kenapa harus diolor-olor hak mereka,” imbuh Laila.

Menurut Laila kejadian seperti ini sama seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Pemkot mengolor-olor pencairannya, sulit cair jika tidak didesak. Sementara merujuk daerah lain sudah memenuhi gaji ke-13. Padahal APBD Surabaya lebih besar dibandingkan dengan daerah lain di Jatim.

“Daerah lain seperti Kediri, Sidoarjo sudah cair. APBD kita kan tinggi dari pada daerah,” pungkas Laila. (Tur/Adv)