27/01/2021

Jadikan yang Terdepan

PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM. JK) Bukukan Penjualan Bersih Konsolidasian Rp1,46 Triliun

  • Untuk Semester Pertama Tahun 2020

Jakarta, KabarGRESS.com – PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM. JK) hari ini memaparkan kinerja Perseroan yang membukukan Penjualan Bersih Konsolidasian Rp1,46 Triliun untuk Semester Pertama Tahun 2020. Penjualan bersih konsolidasian Perseroan pada semester pertama tahun 2020 sebesar Rp1,46 triliun, 17% lebih rendah dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Secara umum, penjualan luar negeri konsolidasi mengalami penurunan sebesar 16% menjadi Rp 994 miliar, sementara penjualan domestik (Indonesia) mengalami penurunan sebesar 21% menjadi Rp 470 milyar. Laba bersih* Perseroan sebesar Rp203 miliar, 13% lebih rendah dibandingkan dengan semester pertama tahun 2019.
*) Laba bersih adalah laba periode berjalan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk, yaitu pemegang saham SMSM.

Kinerja SMSM pada semester pertama tahun 2020 dipengaruhi oleh Pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 telah membuat dunia terhenti, yang juga menyebabkan tingginya ketidakpastian dan tantangan terhadap pasar domestik dan pasar global, dan telah memaksa sebagian besar negara untuk melakukan upaya pengendalian yang membatasi aktivitas bisnis dan industri secara masif, yang juga berdampak pada kinerja Perseroan mengingat sekitar 70% dari penjualan SMSM dari pasar global.

Strategi/upaya SMSM dalam mempertahankan kelangsungan usaha di tengah kondisi Pandemi COVID-19 yaitu; bersikap lebih konservatif dan selalu mempertimbangkan aspek manajemen risiko serta tetap berhati-hati dalam mengeksekusi berbagai strategi dan program, memperkuat posisi keuangan, memitigasi risiko penerimaan dari pelanggan, peningkatan efisiensi dan efektivitas setiap pengeluaran, selain tetap menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan Perseroan.

Selanjutnya Perseroan tetap waspada terhadap berbagai dampak dari pandemi COVID-19 yang terjadi secara global ini dan dengan agility, kegigihan dan kreativitas, Perseroan percaya bahwa dengan model bisnis yang baik dan keunggulan kompetitif yang dimilikinya, akan memungkinkannya untuk mengatasi tantangan ini. Model bisnis yang teruji waktu dan kebijakan manajemen risiko yang efektif akan memungkinkan Perseroan untuk melewati masa-masa sulit dan terus bertumbuh meskipun peluang pertumbuhan pendapatan cenderung relatif terbatas pada tahun 2020.

Perseroan senantiasa berupaya untuk mengoptimalkan nilai bagi pemegang saham, termasuk melalui pembayaran dividen yang tercermin pada pengumuman pembagian dividen tunai sampai dengan Agustus 2020, yaitu :