08/01/2023

Jadikan yang Terdepan

SD Muhammadiyah 15 Surabaya, Isi Waktu Liburan dengan Kegiatan Positif dan Inspiratif

Surabaya, KabarGress.Com – Selalu Kreatif dan penuh inspiratif, itulah kata – kata yang pantas diberikan kepada sekolah inspitatif SD Muhammadiyah 15 (Limas) Surabaya. Betapa tidak, di masa liburan semester ini SD Limas justru mengisinya dengan kegiatan Liburan Bermakna Ganda atau disebut LiManDa.

LiManDa ini di isi dengan berbagai kegiatan yang positif diantaranya, Limas Dirosatul Qur’an (LDQ), Limas English Camp (LEC), dan Mathematics and Sains Club (MSC) yang dimulai sejak tanggal 17-28 Desember 2018. Tidak hanya itu, selain siswa – siswi, seluruh guru dan karyawan pun mengikuti kegiatan ini belajar bersama pakar yang dilaksanakan Rabu (26/12/2018) pada kegiatan sesi pertama.

“Muhammadiyah itu berasaskan islam, maka landasan dasarnya adalah Al Qur’an dan Hadits,” ungkap Drs. Moch. Maskur, ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wiyung.

Kegiatan pembinaan ini dilakukan dengan tujuan, agar seluruh peserta bisa refresh materi yang berkaitan peningkatan proses pembelajaran dan pemahaman organisasi secara matang. Sesi kedua bersama tokoh pendidikan, dengan tema Edukasi Zaman Now.

“Guru harus mampu menghidupkan suasana kelas, menciptakan anak anak yang aktif dan memiliki ketrampilan secara mandiri, sehingga anak-anak gemar belajar,” tutur Dr. Biyanto, M.Ag, dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur.

Pada sesi terakhir, Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd., dosen Universitas Negeri Surabaya menyampaikan materi teknik membuat karya tulis ilmiah, “Guru saat melakukan penelitian tidak boleh mengganggu jadwal proses pembelajaran, sehingga menghasilkan pelitian yang bagus dan obyektif,” imbuhnya, sambil memberikan contoh pembuatan karya tulis yang baik.

Pembinaan guru dan karyawan SD Muhammadiyah 15 Surabaya ini, akan dilanjutkan besok Kamis (27/12/2018) bersama tokoh pendidikan karakter dan materi berupa pengembangan Sumber Daya Manusia serta cara menulis soal yang baik. (Tur)