R. EDI RACHMAT , KONSISTEN PERJUANGKAN ASPIRASI WARGA

Surabaya, KabarGress.com –  R. Edi Rachmat , SE, MM, Sekretaris Komisi B DPRD Kota Surabaya   berhasil menuntaskan resesnya . Reses dimulai sejak tanggal 1 November – 5 November  kemarin menurutnya banyak yang ia peroleh. “ Banyak banget yang  saya dapetin dari warga ,” ujarnya, saat di temui di Kantor DPC Partai Hanura Kota Surabaya, Rabu (7//11//2018).

Menurutnya  banyak informasi  serta aspirasi  warga yang ia perolah.  Semua aspirasi warga tersebut di tampungnya dan akan diperjuangkan di dewan nantinya. Selain itu reses yang dilakukan selama ini semakin mempererat hubungannya dengan  warga kota. “  Yang pasti  kita semakin dekat saja dengan warga kota ,”imbuh dia.

Karena telah terbangun kedekatan , reses  Edi Rachmat di manfaatkan betul oleh  warga menyampaikan keluhan maupun asiprasinya. Seperti reses di jalan Banyu Urip Raya RW 05, Sawahan, Edi di curhati warga soal distribusi air PDAM yang tidak lancar, kualitas air PDAM , soal jaringan kabel PLN serta perlunya di bantun untuk revitalisasi infrastruktur jembatan,

Kang Edi demikian Sekretaris Komisi B DPRD Kota Surabaya yang Ketua DPC Partai Hanura  Surabaya ini lekat di sapa berikan respon positif aspirasi warga ini dengan meminta PDAM Surya Sembada Surabaya dan PT PLN  berikan layanan prima kepada warga. “ Saya minta soal  kualitas PDAM yang dikeluhkan warga bisa segera di atasi. Begitu pun terkait banyaknya jaringan kabel listrik yang terkelupas bisa  diperbaiki, sebab  berbahaya,” pinta kang Edi.

Untuk itu PLN dan PDAM menyelesaikan semua persoalan yang akan berdampak pada tidak normalnya pasokan listrik maupun air bersih ke pemukiman warga. Diakuinya warga di Surabaya Barat banyak yang mengeluhkan persoalan listrik dan air, baik secara langsung maupun melalui media sosial. “ Saya berharap  masalah  ini  segera diselesaikan ,” desak dia.

Khusus untuk PDAM Surya Sembada, Edi Rachmat meminta agar menyediakan mobil tangki air yang siaga memasok kebutuhan air bagi kepentingan warga serta sejumlah masjid dan mushola, jika sewaktu-waktu pasokan air di fasilitas publik itu terganggu. Selain itu, ia meminta PDAM meningkat pemeliharaan unit produksi dan jaringan, supaya tidak ada gangguan saat dibutuhkan.

Sedangkan terkait perbaikan sarana infrastruktur termasuk jembatan juga sangat penting untuk segera diatasi. Kang Edi mengaku akan  fokus perjuangkan penambahan anggaran untuk sarana infrastruktur demi kepentingan publik pada tahun depan.  Sejalan  masuknya musim hujan Anggota legislative yang dikenal dekat dengan rakyat ini mendesak instansi terkait  mengecek semua saluran air dan rumah pompa.

Keluhan senada disampaikan  ketika kang Edi Reses di Sukomanunggal Baru Jaya RT 04.   Warga disini memintanya membantu mewujudkan pelebaran jalan. Sebab kondisi jalan yang ada saat ini ( Exiting )  sempit  dan sulit di akses. Dia mengatakan, warga RT 04 yang tinggal disekitar pinggir rel kereta api memintanya meminta pemkot  melakukan pelebaran jalan disepanjang pintu masuk pemukiman, mengingat jalan sangat sempit dan sulit untuk dilalui mobil.

Warga lanjut kang Edi sangat membutuhkan akses jalan disepanjang pinggir rel kereta api supaya jika terjadi musibah kebakaran atau lainnya bisa cepet di tangani, warga pun mengaku rela jika sebagian tanah miliknya digunakan untuk pelebaran serta bisa memindahkan tiang listrik dan meteran PDAM. “  Warga tidak keberatan lahan rumahnya terkena pelebaran jalan. Karena jalan yang ada saat ini memang tak layak sempit,  kalau terjadi kebakaran mobil PMK tidak dapat masuk ,” aku   warga pada  wakil rakyat ini.

Selain itu dirinya berharap ada bantuan untuk pembuatan mushola yang belum juga selesai, karena melalui swadaya masyarakat kemampuanya sangat terbatas. Menanggapi hal ini Sekretaris Komisi B DPRD Surabaya Edi Rachmat, SE, MM saat reses berjanji akan memperjuangkan aspirasi masyarakat setempat.

Soal pembangunan Mushola kata Edi, juga akan dicarikan solusi ke dinas terkait apakah bisa dimasukan dalam program bantuan melalui dinas sosial. “Biasanya untuk bantuan bisa masuk dalam dana hibah  program jaring aspirasi masyarakat atau Jasmas DPRD, tetapi  kita lihat untuk tahun ini apa masih bisa,” jawab Edi singkat.

Prinsipnya soal  kebutuhan warga yang bisa di bantu diselesaikan langsung di selesaaikan. Misalnya seperti sound system,  meja kursi, seragam PKK dan kaos untuk senam Lansia , langsung di bantu oleh kang Edi dan di selesaikan. Sedangkan yang membutuhkan anggaran besar rehabilitasi infrastruktur jalan kampung akan diperjuangkan melalui  dinas teknis Pemkot . ( hery)

Leave a Reply


*