THE BIG START INDONESIA Season 3 Hadir di Surabaya

Usung semangat ‘Buktikan Pada Mereka’, pengusaha kreatif muda Surabaya diajak kembangkan potensi bisnis ke kelas yang lebih tinggi.

*Keterangan Foto* KIKA: Lani Rahayu – Sr. Marketing Communication & PR Manager Blibli.com , Agung D. Kurnianto – Founder of Revolt Industry (Local Heroes), Edwin Yani Widjaja – Owner & Founder of Taylor Fine Goods (Merchant Blibli.com), Andi Fachry Makkasau – Sales & Marketing Section Head JNE Surabaya

 

Surabaya, 23 Agustus 2018, KabarGRESS.com – Blibli.com, perusahaan e-commerce lokal terbesar di Indonesia kembali mengukuhkan komitmennya untuk terus mendukung perkembangan UMKM Indonesia melalui ajang kompetisi pencarian pengusaha kreatif muda terbaik nasional untuk ketiga kalinya, The Big Start Indonesia (TBS) Season 3. Didukung sepenuhnya oleh JNE sebagai Platinum Partner, BCA, Prasetiya Mulya Business School, XL Business Solution, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), dan Kementrian Perindustrian, TBS Indonesia Season 3 siap digelar dengan total hadiah lebih besar dari tahun sebelumnya senilai Rp1,1 Miliar dan Surabaya menjadi kota ke-4 dalam rangkaian roadshow TBS Indonesia Season 3 yang akan berlangsung antara 24 sampai 26 Agustus 2018.

Mengusung semangat “Buktikan Pada Mereka”, TBS Indonesia Season 3 diharapkan dapat menjawab tantangan terbesar para pengusaha muda Indonesia untuk mengembangkan bisnis ke skala lebih besar dengan pangsa pasar lebih luas. Lani Rahayu, Senior Marketing Communication & PR Manager Blibli.com mengungkapkan, “Tahun ini, The Big Start Indonesia Season 3 akan menjadi perhelatan lebih besar dengan diadakannya roadshow lima kota, dan Surabaya menjadi kota ke-4 dalam rangkaian ini setelah sebelumnya digelar di Bandung, Yogyakarta, dan Denpasar Bali. Blibli.com melihat Surabaya memiliki potensi UMKM yang sangat menjanjikan, karena itu TBS tahun ini kami memutuskan untuk menambahkan Surabaya sebagai salah satu kota tujuan kami, untuk mengajak para pengusaha kreatif muda lokal terus mengembangkan usahanya menjadi lebih besar lagi,” ujarnya.

Pada acara Koperasi dan UMKM Expo 2018, Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengungkapkan bahwa sektor UMKM memberikan kontribusi besar bagi ekonomi Jawa Timur dan menunjukkan potensi sangat menjanjikan, di mana pada 2017 lalu kontribusi UMKM terhadap total investasi daerah mencapai 56,34% dan pada semester I 2018 kini menjadi menjadi 74,36%. Dalam kesempatan berbeda, Walikota Tri Rismaharini pada acara lokakarya bertajuk “UKM Surabaya Go Digital and International” yang diselenggarakan oleh Kementrian Koperasi dan UKM Indonesia mengungkapkan bahwa 98% pembangunan ekonomi di Kota Pahlawan ditopang dari sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Agung D.Kurnianto, Founder Revolt Industry mengungkapkan bahwa sebagai pengusaha muda kreatif asli Surabaya, ia merasakan pentingnya untuk terus berinovasi dan melakukan diversifikasi produk agar tetap dapat bersaing di pasar nasional. “Sekarang ini katanya semua bisa jadi pengusaha, bisa jadi pebisnis. Tapi yang membedakan kita dengan yang lain itu tentunya banyak faktor seperti branding, cerita di balik produk, identitas merek dan banyak lagi. Inilah yang nanti akan membuat kita beda dan jadi diingat oleh pasar,” ujarnya.

Hal serupa juga dirasakan oleh Edwin Yani Widjaja, Owner & Founder Taylor Fine Goods sekaligus merchant Blibli.com, “Dulu UMKM dan brand lokal masih belum banyak, tapi sekarang dengan perkembangan teknologi maka persaingan semakin ketat. Kita harus selalu berinovasi dan berpikir selangkah di depan supaya bisa terus eksis di pasar, apalagi di Surabaya sendiri bisnis UMKM semakin banyak dan semakin berani, kita harus cari tahu faktor-faktor yang bisa membuat bisnis kita naik kelas. TBS ini sangat menarik karena mengajarkan para pebisnis muda kreatif bahwa banyak faktor yang harus dipertimbangkan ketika ingin mengembangkan usahanya,” ungkap Edwin.

Sukses menggandeng lebih dari 20.000 peserta di tahun lalu, TBS Indonesia Season 3 tahun ini diharapkan dapat merangkul lebih banyak pengusaha muda yang berkomitmen untuk mengembangkan usaha mereka, yang kemudian dikurasi menjadi 20 finalis pengusaha kreatif muda terbaik Indonesia. Peserta yang berhasil lolos akan lanjut ke tahap karantina, di mana mereka dibekali ilmu pemasaran e-commerce, pemanfaatan media sosial, pengelolaan keuangan, pajak, serta hukum hingga perlindungan HAKI hingga akhirnya akan terpilih 4 finalis untuk maju ke grand final.

The Big Start Indonesia Season 3 akan semakin besar dengan adanya Special Project di malam Grand Final, serta roadshow di 5 kota termasuk Bandung, Yogyakarta, Bali (Denpasar), Surabaya, dan Jakarta. Para pengunjung dapat melihat dan berbelanja hasil karya lokal dalam open market, mengikuti talkshow para local heroes atau pengusaha muda masing-masing kota, serta berbagai kegiatan komunitas dan hiburan. Setelah sebelumnya diadakan di Bandung pada 20-22 Juli, Yogyakarta pada 27-29 Juli dan Bali pada 3-5 Agusuts lalu, roadshow The Big Start Indonesia Season 3 akan berlanjut ke kota terakhir dan penutup yaitu Jakarta pada 7-9 September.

“Semangat dan kreativitas para pengusaha muda di tanah air semakin meningkat tiap tahunnya, maka dari itu Blibli.com terus berkomitmen untuk menyediakan arena kompetisi yang bisa membangun dan meningkatkan bisnis UMKM di Indonesia. Harapannya melalui The Big Start Indonesia Season 3 ini, kami bisa menciptakan ruang bagi pengusaha kreatif muda untuk terus mengembangkan usaha mereka agar lebih besar lagi dari sekarang,” tutup Lani.

Informasi mengenai The Big Start Indonesia Season 3 dapat diperoleh melalui situs www.thebigstart.blibli.com atau langsung mengunjungi roadshow Blibli.com di kota Anda. Kini saatnya membuktikan diri dan bawa bisnis Anda ke skala lebih besar sehingga mampu bersaing di industri e-commerce Indonesia. (ro)

Leave a Reply


*