ASTRA Tol Jomo Membantu Pemudik Silaturahmi dengan Keluarga Lebih Cepat

JOMBANG, Kabar Gress.com – Idul Fitri atau biasa juga disebut Lebaran menjadi salah satu momen yang paling dinanti, apalagi untuk orang-orang yang sedang merantau. Lebaran menjadi momen yang paling tepat untuk pulang ke kampung halaman. Dampaknya, arus Ialu lintas di jalan arteri menjadi meningkat.
ASTRA Tol Jomo, pengelola ruas tol Jombang-Mojokerto (Tol Jomo), telah menyiapkan infrastruktur dan berbagai fasilitas serta Iayanan jelang lebaran. Jalan tol yang mempunyai panjang 40,5 km ini dapat dimanfaatkan pemudik untuk menghindari kemacetan di jalan arteri, sehingga bisa lebih cepat tiba di kampung halaman dan bertemu keluarga.
Rute Mudik
Tol Jomo telah beroperasi penuh sejak September 2017 dan terintegrasi dengan tol Surabaya-Mojokerto (Tol Sumo). Adanya tol ini telah memudahkan pengguna jalan karena waktu tempuh menjadi Iebih cepat. Perjalanan dari Surabaya hingga Bandar dapat ditempuh sekitar 45 menit dengan kecepatan rata-rata 100km/jam.
Pada periode lebaran, pemerintah telah menyiapkan jalur fungsional tol Kertosono-Ngawi yang terkoneksi dalam Tol Trans Jawa. Bagi pemudik yang memanfaatkan jalan tol, berikut informasi rute mudik melalui ruas tol Jomo:
Arus mudik dari arah timur/Surabaya tujuan Mojokerto/Jombang/Kertosono/Ngawi:
1. Pemudik dapat masuk melalui gerbang tol Warugunung (tol Sumo). Bagi pemudik yang tujuannya ke Mojokerto dapat keluar di gerbang tol Penompo atau gerbang tol Mojokerto Barat; atau,
2. Bagi pemudik yang tujuannya ke Jombang, maka dapat keluar di gerbang tol Jombang; atau,
3. Pemudik yang mempunyai tujuan ke arah Nganjuk dapat melanjutkan perjalanan melalui jalur fungsional tol Kertosono – Wilangan sepanjang 37 km dengan cara putar balik di gerbang tol Bandar, kemudian keluar ke arah jalan nasional Nganjuk-Madiun; atau,
4. Pemudik melanjutkan perjalanan hingga ke jalur operasional tol Wilangan – Ngawi, hingga ketuar di gerbang tol Ngawi.
Arus balik dari arah barat/Ngawi tujuan Jombang/Mojokerto/Surabaya:
1. Pemudik masuk melalui ruas tol Solo -Ngawi, hingga ke jalur fungsional tol Kertosono – Wilangan, kemudian lanjut ke ruas tol Jomo, hingga keluar di gerbang tol Bandar; atau
2. Bagi pemudik yang akan ke arah Surabaya, keluar dulu di gerbang tol Bandar kemudian putar balik menuju tol Jomo hingga keluar di gerbang tol Warugunung (tol Sumo).
Jalur fungsional hanya dapat dilewati pukul 06.00 – 17.00 WIB mulai tanggal 9 Juni 2018 hingga 24 Juni 2018 dan akan dibuka secara bergantian, yaitu saat arus mudik (dari timur/Surabaya ke barat) dan arus balik (dari barat ke timur). Jalur ini hanya untuk kendaraan golongan 1, non bus dan non barang.
Khusus pemudik yang menggunakan uang elektronik, ASTRA Tol Jomo memberikan diskon 10% mulai tanggal 15-17 Juni 2018. Dengan adanya diskon tersebut, maka besaran tarif selama tanggal 15-17 Juni akan menjadi sebagai berikut:
Fasilitas
Tol Jomo memiliki 4 rest area yang tertetak di KM 678 dan KM 695 masing-masing di jalur A dan B. Tiap rest area tersedia tempat makan, toilet dan musholla yang dapat digunakan. Selama periode Lebaran, akan ada fasilitas tambahan berupa Kios Pertamax (KM 678 B dan KM 695 A), Pos Siaga Telkomsel (KM 678 A dan KM 695 B) dan Pos Siaga Astra yang didukung oleh Toyota, Daihatsu, Isuzu & Astra World (KM 678 B) yang dilengkapi dengan fasilitas bengkel dan ruang istirahat.
Fasilitas top up dapat dilakukan pada masing-masing gerbang tol, yakni gerbang tol Jombang, gerbang tol Bandar dan gerbang tol Mojokerto Barat. ASTRA Tol Jomo juga bekerja sama dengan Bank BRI menyediakan fasilitas top up Brizzi yang memberikan cash back untuk 25 orang pertama selama periode acara (10-16 Juni 2018) di rest area KM 695 B. Selain itu, pemudik juga dapat isi ulang uang elektronik di stand lndomaret yang ada di rest area KM 678 A dan KM 695 B. ATM BNI juga tersedia di rest area KM 695 B.
Untuk meningkatkan kenyaman dan keamanan pengguna jalan tol, ASTRA Tol Jomo menyiapkan 3 unit mobil yang akan patroli sepanjang tol selama 24 jam. Selain itu, 4 unit mobil derek, 1 unit mobil rescue dan 2 unit ambulance juga siaga. Selama periode Lebaran, akan ada 1 unit ambulance yang stand by di rest area KM 678 A dan KM 695 B.
“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik, agar pengguna jalan merasakan pengalaman berkendara yang nyaman dan aman di tol Jombang-Mojokeno,” kata Anggoro Legowo, Direktur Teknik dan Operasi ASTRA Tol Jomo.
Bagi pengguna jalan tol yang membutuhkan informasi dan bantuan atau mengalami hambatan di sepanjang ruas tol Jomo dapat menghubungi call center melalui telpon atau aplikasi Whatsapp di (0321) 888123.
Dengan berbagai kesiapan dan fasilitas yang telah dilakukan, diharapkan dapat mempermudah perjalanan pemudik untuk silaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. ASTRA Tol Jomo menghimbau untuk selalu memperhatikan kecepatan kendaraan (minimal 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam) dan tetap waspada pada jalur tol fungsional. (ro)

Leave a Reply


*