PLN Upayakan Dalam Empat Hari ke Depan Pasokan Listrik Madura Aman

Surabaya, KabarGRESS.com – Menyusul peristiwa kebakaran sirkuit kabel jaringan di Jembatan Suramadu pada Sabtu (23/09/2017), PLN mengakui sempat mengalami hambatan pasokan listrik untuk wilayah Madura. Namun PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) mengupayakan dalam empat hari ke depan, pasokan listrik Madura aman.

Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (persero) Distribusi Jatim, Pinto Raharjo, mengungkapkan PLN akan melakukan tahapan uji coba pembebanan kembali pada sirkuit jaringan, sembari menunggu hasil uji laboratorium forensik Polda Jatim yang tengah melakukan investigasi terkait peristiwa seminggu lalu tersebut.

Sejauh ini, lanjut Pinto, untuk pelanggan PLN di Madura diharapkan melakukan penghematan dalam penggunaan energi listrik. “Kami juga telah melakukan mobilisasi genset milik PLN di seluruh Jawa yang berjumlah 34 unit, untuk dikirim ke Madura dalam melakukan pemenuhan kebutuhan listrik di beberapa objek vital, seperti fasilitas pelayanan publik, basis militer, kantor pemerintahan dan keperluan ibadah,” terangnya.

Sementara itu, masih kata Pinto, sampai saat ini peristiwa kebakaran sirkuit jaringan kabel di Suramadu tengah dalam penyelidikan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polda Jatim. Hasil dari lab forensik kemungkinan akan selesai pada 4 Oktober.

“Jadi sampai saat ini kami belum mengetahui pasti penyebab kebakaran kabel jaringan PLN itu. Namun kesimpulan sementara yang berhasil kami himpun dari petugas lapangan, terdapat tumpukan sampah seperti daun kering, kertas dan puntung rokok pada saluran pembuangan air di Jembatan Suramadu. Selain itu juga, kami berpesan kepada pengendara agar tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya. (ro)

Leave a Reply


*