03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

PT. Arita Prima Indonesia Tbk Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi Bisnis dengan SAP Business One

* Perusahaan Lokal Perdagangan Katup Berhasil Meningkatkan Produktivitas antara 40-50%

Jakarta, KabarGress.Com – SAP Indonesia hari ini mengumumkan bahwa PT. Arita Prima Indonesia Tbk., sebuah perusahaan lokal perdagangan katup berbasis di Jakarta, telah berhasil mengimplementasikan SAP Business One untuk membantu perusahaan memenuhi kebutuhan operasional yang terus tumbuh dan untuk tetap berkompetisi dalam pasar Indonesia yang terus berkembang pesat.

PT. Arita Prima Indonesia Tbk, memiliki 38 anak perusahaan dengan lebih dari 350 pekerja, mengelola proses internalnya secara manual sebelum mengimplementasikan SAP Business One. Menuruth Low Yew Lean, President Director of PT. Arita Prima Indonesia Tbk., “Sejak berdirinya perusahaan pada tahun 2000, Arita telah berkembang dengan sangat pesat, baik dalam hal sumber daya maupun pendapatannya. Kebutuhan pelayanan kami terus tumbuh setiap tahun, membuat kami harus mentransformasikan berbagai proses internal kami untuk mencapai transparansi dan produktivitas yang lebih tinggi.”

PT. Arita Prima Indonesia Tbk. memilih SAP Business One sebagai solusi pilihan untuk mentransformasi proses bisnis perusahaan karena beberapa faktor, antara lain pengalaman SAP dalam bekerjasama dengan perusahaan global maupun lokal Indonesia di semua ukuran industri dan solusi SAP ERP terintegrasi yang didesain khusus untuk bisnis-bisnis kecil dan menengah (UKM).

“Keuntungan paling signifikan dari SAP Business One adalah bahwa kami mendapatkan pengalaman untuk meningkatkan kolaborasi antara beberapa fungsi dalam perusahaan,” tambah Low Yew Lean. “Kami mendapatkan kontrol dan pengawasan yang lebih pada data bisnis penting kami dan lebih mudah untuk mengawasi setiap performa departemen secara real-time. Hal ini sangat meningkatkan akuntabilitas serta mempercepat pembuatan keputusan strategis dalam setiap fungsi bisnis perusahaan. Saat ini, kami mendapatkan peningkatan produktivitas antara 40 hingga 50 persen daripada sebelum menggunakan SAP Business One.”

Implementasi SAP Business One ini dilakukan oleh Mitra SAP, PT. Inti Data Utama, dan hanya memakan waktu selama lima bulan. SAP, berkolaborasi dengan PT. Inti Data Utama, mengkaji dan merekomendasikan aplikasi-aplikasi bisnis yang sesuai dengan kebutuhan bisnis spesifik Arita. Mereka menemukan bahwa dengan fungsi ERP dalam SAP Business One, perusahaan akan dapat mengoperasikan bisnis menjadi lebih terstruktur, efektif, efisien dan menguntungkan. Penyebaran dan kemitraaan degan SAP juga telah membantu departemen TI perusahaan untuk berfokus pada penyediaan nilai bisnis melalui implementasi teknologi daripada hanya mengawasi sistem untuk tetap berjalan.

“Agar tetap kompetitif dalam lingkungan bisnis yang menantang ini, para pelanggan kami membutuhkan sebuah solusi TI yang efektif dan sesuai untuk menyederhanakan berbagai proses bisnis dan meningkatkan produktivitas. Daripada hanya berinvestasi pada infrastruktir TI, banyak dari para pelanggan kami beralih pada pembelian operasional TI untuk meminimalisir dampak keuangan dan menghemat biaya untuk investasi pada proyek-proyek inovasi bisnis,” ujar Megawaty Khie, Managing Director SAP Indonesia.

“Melalui kemitraan kami seperti dengan PT. Inti Daya Utama, para mitra kami dapat mengimplementasikan solusi SAP yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan mereka, termasuk manajemen dan dukungan penuh pada lingkungan SAP mereka. Implementasi SAP Business One telah menuai keuntungan-keuntungan bagi Arita dan kami terus berkomitmen untuk menyediakan solusi-solusi TI uang hemat biaya bagi UKM di Indonesia.” (ro)