21/09/2024

Jadikan yang Terdepan

Presiden Jokowi Kunjungi Pasar Soponyono, Pj Gubernur Adhy: Stok Pangan Aman, Inflasi Terjaga

Surabaya, kabargress.com – Presiden Joko Widodo didampingi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mengunjungi Pasar Soponyono, Rungkut, Surabaya, Jumat (6/9/24), untuk memantau langsung harga bahan pokok dan berdialog dengan para pedagang.

Kedatangan Kepala Negara blusukan dan bersapa dengan para pedagang Pasar Soponyono dikatakan Adhy sangat positif karena dapat mendengar keluh kesah masyarakat secara langsung serta memantau harga komoditas kebutuhan pokok.

“Allhamdulillah Bapak Presiden berkenan melihat dan meninjau Pasar Soponyono Surabaya. Kita bisa lihat, selama di pasar, Bapak Presiden berdialog menyerap suara masyarakat dan juga memastikan harga dan stok kebutuhan pokok dalam kondisi stabil,” ungkapnya.

“Kita pastikan bahwa stok bahan pangan di Jatim sangat aman, harganya juga stabil. Ini membuat inflasi kita terjaga, dan undercontrol,” imbuh Adhy.

Adhy menyampaikan bahwa kehadiran Presiden menjadi motivasi bagi Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk bekerja lebih keras dalam menjaga kestabilan harga pangan, yang berpengaruh langsung terhadap tingkat inflasi di provinsi tersebut. Jawa Timur, sebagai salah satu penopang pangan nasional, terus berupaya meningkatkan produksi bahan pangan.

“Bahkan kita terus berupaya agar Jawa Timur bisa meningkatkan produksi bahan pangannya sehingga masyarakat tetap terpenuhi kebutuhan bahan pokoknya,” tegas Adhy.

Presiden Jokowi menyatakan bahwa kondisi inflasi pangan, terutama di Pasar Soponyono, berada dalam situasi yang baik. Harga sejumlah komoditas seperti bawang merah yang kini dijual seharga Rp25.000/kg dan telur yang stabil di Rp24.000 menunjukkan adanya kestabilan pasar.

Menurutnya, inflasi khususnya inflasi pangan yang baik ini harus terus dijaga dan dipertahankan. Kondisi yang baik ini disebabkan oleh distribusi yang cukup, pasokan yang baik sesuai kondisi di lapangan.

“Saya cek kondisi di lapangan seperti itu distribusi dan pasokan sangat baik,” terangnya. (Ci)