21/09/2024

Jadikan yang Terdepan

Pj Gubernur Jatim Kukuhkan SAKA Pramuka Penanggulangan Bencana, Inisiatif Pertama di Indonesia

Surabaya, kabargress.com – Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, secara resmi mengukuhkan Majelis Pembimbing dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka Penanggulangan Bencana (SAKA PB) Jawa Timur dalam acara yang digelar oleh BPBD Provinsi Jatim di Ruang Rapat Binaloka Adhikara, Kantor Gubernur Jawa Timur, Kamis (5/9/24).

Adhy Karyono menjelaskan bahwa Pramuka sebagai organisasi besar memiliki potensi besar dalam membantu penanggulangan bencana.

“Pramuka, sesuai tugasnya, memiliki kemampuan untuk terlibat dalam upaya penanggulangan bencana. Oleh karena itu, dibentuklah SAKA Pramuka Rintisan Penanggulangan Bencana di Jawa Timur, karena provinsi ini memiliki potensi bencana yang sangat tinggi,” ujar Adhy.

Lebih lanjut, Adhy menekankan pentingnya kerja sama antara komunitas dan masyarakat dalam menangani bencana. “Jika seluruh komunitas bersatu, kami yakin seluruh tahap penanggulangan bencana, mulai dari kesiapsiagaan, tanggap darurat, hingga pemulihan, dapat dilaksanakan dengan lebih cepat dan efektif. Harapan kami, Pramuka yang tergabung dalam SAKA PB ini dapat ikut serta secara aktif, dimulai dari pelatihan dan simulasi bersama BNPB,” tambahnya.

Adhy juga mengungkapkan bahwa SAKA PB Jawa Timur ini merupakan inisiatif pertama di Indonesia, yang diharapkan dapat direplikasi di provinsi lain dan kabupaten/kota.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD Jatim), Gatot Soebroto, yang dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing SAKA PB Jawa Timur, menyatakan bahwa Pramuka telah lama bekerja sama dengan BPBD, terutama dalam penanganan bencana di lapangan.

“Pramuka sudah lama terlibat dalam pemulihan dan penanganan bencana bersama BPBD. Dengan adanya SAKA PB ini, kami akan buatkan kurikulum sehingga setiap tahun pasti akan ada pelatihan dan juga ada sosialisasi materi untuk teman teman melakukan kegiatan di lapangan,” jelas Gatot. (Ci)