21/09/2024

Jadikan yang Terdepan

LPPD Jawa Timur Gelar Studium Generale untuk 823 Mahasiswa Penerima Beasiswa 2024

Surabaya, kabargress.com – Lembaga Pengembangan Pesantren dan Diniyah (LPPD) Provinsi Jawa Timur menggelar Studium Generale bagi penerima beasiswa Pemerintah Provinsi Jawa Timur tahun 2024. Acara ini diselenggarakan di Gedung Islamic Center, Surabaya, Rabu (4/9/24).

Penjabat Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, menekankan pentingnya program beasiswa ini sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Jawa Timur.

“Program ini merupakan upaya kami untuk meningkatkan kualitas SDM, khususnya lulusan perguruan tinggi yang bernuansa Islam, pesantren, dan sejenisnya. Kami ingin menciptakan profesional yang juga bertakwa dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang ilmu Islam,” ujar Adhy.

Adhy juga menekankan pentingnya adaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi bagi para penerima beasiswa.

“Saya ingin berpesan bahwa di era digital ini, kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan menyaring isu-isu di media sosial sangatlah penting. Program beasiswa ini akan terus kita dukung, dan Jawa Timur menjadi satu-satunya provinsi yang memiliki program semacam ini,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua LPPD Jatim Prof. Halim Soebahar menjelaskan bahwa program M2 Ma’had Aly baru dimulai tahun ini di Indonesia, dan hanya ada empat Ma’had Aly yang menyediakan program ini, yakni satu di Aceh dan tiga di Jawa Timur. Program ini dialokasikan untuk penerima beasiswa sebagai mitra penyelenggara.

“M2 (Ma’had Aly) Itu baru sekarang mulai di Indonesia, hanya ada 4 Ma’had Aly. satu di Aceh dan tiga di Jawa timur, yang 3 di Jawa timur Sekarang ini dialokasikan untuk penerima beasiswa sebagai mitra penyelenggara,” terangnya.

Sejak program beasiswa ini diluncurkan pada tahun 2019, sebanyak 5.683 mahasiswa telah menerima manfaat. Pada tahun 2024, terdapat 823 mahasiswa penerima beasiswa, dengan 33 mahasiswa di antaranya melanjutkan pendidikan di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir, 50 mahasiswa dalam program doktor M2 (Ma’had Aly), 255 mahasiswa S2 PTKI, dan 440 mahasiswa S1. (Ci)