21/09/2024

Jadikan yang Terdepan

Jawa Timur Raih Juara Umum OSN 2024, Pj Gubernur Adhy: Jatim Barometer Pendidikan Indonesia

Surabaya, kabargress.com – Provinsi Jawa Timur berhasil merebut kembali predikat juara umum dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Jakarta.

Prestasi ini diraih setelah Jawa Timur mengumpulkan total 56 medali, terdiri dari 13 emas, 22 perak, dan 21 perunggu. Keberhasilan ini menempatkan Jawa Timur di posisi teratas, diikuti oleh DKI Jakarta di peringkat kedua dan Jawa Barat di posisi ketiga.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, menyatakan bahwa pencapaian ini mengukuhkan Jawa Timur sebagai barometer pendidikan di Indonesia. “Alhamdulillah, Jatim kembali meraih juara umum OSN 2024. Ini membuktikan bahwa pendidikan di Jawa Timur menjadi kiblat bagi pendidikan di Indonesia,” kata Adhy di Surabaya, Minggu (1/9/24).

Selain juara umum OSN di tahun 2024, sebelumnya Jawa Timur juga berhasil menjadi juara umum di Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat nasional untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Luar Biasa (SLB).

Kesuksesan ini juga tercermin dari meningkatnya jumlah siswa Jawa Timur yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Pada tahun 2024, sebanyak 24.423 siswa diterima, meningkat dari 23.477 siswa pada tahun 2023.

Seiring dengan berbagai prestasi ini, Pj. Gubernur Adhy menyampaikan, program ‘Jatim Cerdas’ yang menjadi bagian dari Program Nawa Bhakti Satya telah berhasil meningkatkan pendidikan di Jawa Timur.

“Ini juga menjadi bukti bahwa program ‘Jatim Cerdas’ yang di gagas Gubernur periode sebelumnya telah berhasil dan mampu membawa kemajuan pendidikan Jawa Timur,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Aries Agung Paewai, juga mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian ini. Ia berharap Jawa Timur bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan OSN 2025 dan optimis prestasi ini dapat dipertahankan.

“Mudah-mudahan tahun depan kita bisa lebih sukses lagi, dan kita berharap menjadi tuan rumah pada OSN 2025. Sukses untuk anak-anak Jatim yang luar biasa,” tandasnya. (Ci)