21/09/2024

Jadikan yang Terdepan

Pj. Gubernur Adhy Pimpin Apel Renungan Suci: Ajak Masyarakat Isi Kemerdekaan dengan Kontribusi Positif

Surabaya, kabargress.com – Penjabat Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di Taman Makam Pahlawan 10 Nopember, Surabaya, Sabtu (17/08/24) dini hari, sebagai bagian dari Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia.

Dalam upacara yang dihadiri oleh TNI, Polri, siswa Pramuka, dan Kepala OPD Pemprov Jatim, Adhy mengajak peserta untuk mendoakan arwah para pahlawan yang telah berjuang demi bangsa.

“Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh Allah subhanahuwa ta’ala, Tuhan Yang Maha Esa serta mendapatkan tempat yang sebaiknya,” kata Adhy membacakan naskah AKRS.

Terdapat 3.953 makam pahlawan di TMP 10 Nopember, termasuk TNI, Polri, Pegawai Negeri Sipil, dan pejuang, serta 53 makamyang tidak dikenal namanya. Adhy menyampaikan penghormatan mendalam atas pengorbanan mereka dalam perjuangan kemerdekaan.

“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridoan, keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” lanjut Adhy membacakan naskah.

Usai upacara, Adhy menyampaikan pentingnya mengisi kemerdekaan dengan kontribusi positif di berbagai bidang. Ia juga menyoroti kesiapan Jawa Timur sebagai poros ekonomi Indonesia Timur pasca pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan.

“Tema tahun ini adalah Nusantara baru Indonesia maju. Maka kita juga mendukung dan mempersiapkan Jawa Timur menjadi gerbang Nusantara baru untuk Indonesia maju. dengan eksistensi pengembangan UKM serta support ekonomi untuk wilayah timur,” pungkasnya. (Ci)