28/09/2024

Jadikan yang Terdepan

Raih Rekor MURI, KPU Jatim Sukses Selenggarakan Gebyar Coklit Serentak Satu Juta Pemilih

Surabaya, KABARGRESS.com – KPU Jawa Timur sukses menyelenggarakan Gebyar Coklit Serentak Satu Juta Pemilih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024. Acara yang digelar di Hotel Majapahit Surabaya pada Senin malam (24/6/2024) ini berhasil meraih Rekor MURI.

Kegiatan yang merupakan bagian dari tahapan Pilkada Serentak 2024 ini berlangsung meriah dengan dihadiri oleh seluruh komisioner KPU Jatim, perwakilan Bawaslu Jatim, Bakesbangpol Jatim, KPU Kabupaten/Kota, perwakilan Pantarlih dari berbagai daerah di Jatim, serta perwakilan MURI.

Ketua KPU Jatim, Aang Khunaifi, dalam sambutannya menyatakan bahwa Gebyar Coklit ini dibuat spektakuler dengan melibatkan sekitar 116 ribu petugas Pantarlih. “Gebyar Coklit Satu Juta Pemilih ini sengaja kita buat luar biasa agar tahapan Pilkada Serentak 2024 tersosialisasi dengan baik ke seluruh masyarakat Jatim,” ujar Aang.

Aang menjelaskan bahwa tahap coklit ini berlangsung selama sebulan, dari 24 Juni hingga 24 Juli 2024. Dengan jumlah pemilih sesuai DP4 sekitar 31 juta pemilih, Aang optimis target tersebut dapat tercapai.

“Petugas Pantarlih ini luar biasa, pagi tadi baru dilantik mereka langsung bekerja dengan target satu juta pemilih di hari pertama. Saya yakin target tersebut akan terpenuhi,” tegas Aang.

Menurutnya, tahapan coklit ini sangat penting karena menentukan langkah-langkah selanjutnya, seperti penentuan jumlah TPS dan pola sosialisasi. Oleh karena itu, hasil coklit diharapkan menghasilkan data yang berkualitas, akurat, dan mutakhir.

Selain itu, Aang berharap para petugas Pantarlih juga memberikan pendidikan pemilih saat melakukan coklit dari rumah ke rumah. “Ada tugas tambahan bagi pantarlih yaitu memberikan pendidikan pemilih untuk seluruh warga di Jatim saat mendatangi pemilih dari rumah ke rumah,” harapnya.

Pada pukul 21.00 WIB, data coklit yang masuk telah mencapai 1.107.000 pemilih, sehingga dianggap layak mendapatkan Rekor MURI atas capaian terbanyak di hari pertama.

Awan Rahargo, Direktur Marketing MURI, menyatakan bahwa ini merupakan kali kedua pihaknya hadir di KPU Jatim, yang pertama saat launching tahapan Pilkada Serentak.

“Coklit ini tujuannya untuk memperbaiki data pemilih dan bahan menyusun DPS maupun DPT, serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terlibat aktif dalam tahapan Pilkada Serentak di Jatim,” jelas Awan.

KPU Jatim juga memberikan piagam penghargaan kepada 25 petugas Pantarlih dari Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, dan Pasuruan sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras mereka.

Aang Khunaifi menambahkan bahwa tahapan coklit ini diharapkan berjalan lancar karena berbagai kendala telah difasilitasi oleh pihak terkait. “InsyaAllah tahapan Coklit ini berjalan lancar sebab kendala seperti daerah terpencil, kepulauan, maupun pemukiman mewah sudah difasilitasi pihak terkait sehingga sesuai target yang diharapkan,” tambah Aang. (ZAK)