28/09/2024

Jadikan yang Terdepan

LAGI UWKS BERIKAN BEASISWA FRESH MONY 41 MAHASISWA PRESTASI

KabarGress.com – Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) kembali memberikan penghargaan berupa beasiswa fresh money untuk mahasiswa sukses menorehkan prestasi dan mengharumkan nama almamater kepada mahasiswa yang berprestasi di bidang olahraga, seni dan penalaran, Jumat (7/6/2024)

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Humas, Dr. Edi Krisharyanto melaporkan bahwa, Sesuai dengan SK Rektor No. 144 tahun 2023, beasiswa di semester genap 2023-2024 ini diserahkan kepada 41 mahasiswa yang berprestasi baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.

Adapun rinciannya sebagai berikut, untuk prestasi di tingkat provinsi atau regional sebanyak 4 medali, juara 1 ada 3 dan juara 2 ada 1.

Di tingkat Nasional, mahasiswa UWKS telah menorehkan 28 medali. 14 medali untuk juara satu, juara 2 ada 6 medali dan juara 3 berhasil mendapat 8 medali.

Sedangkan untuk prestasi di tingkat internasinal, mahasiswa UWKS berhasil membawa pulang 9 medali. Juara 1 ada 6, juara 2 ada 1, dan juara 3 dapat 2 medali.

“Prestasi-prestasi mahasiswa ini, tak lepas dari komitmen bapak rektor dalam mendukung akselerasi prestasi mahasiswa,” sebut Warek Edi Krisharyanto.

“Goalnya bukan perolehan medali atau penghargaan beasiswa, tapi sebenarnya adalah berkaitan dengan peningkatan kompetensi mahasiswa di berbagai Fakultas yang nantinya akan menjadi penambahan kompetensinya. Selain memiliki indeks prestasi yang bagus tapi juga memiliki nila plus di bidang non akademik,” terang pak Warek.

Di kesempatan yang sama, Rektor UWKS, Prof. Dr. H. Widodo Ario Kentjono menyatakan apresiasi dan terima kasih kepada para mahasiswa yang telah berlaga dan berprestasi di berbagai bidang.

“Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, di semester genap ini mengeluarkan dana sebanyak Rp. 344 juta rupiah untuk memberikan penghargaan beasiswa kepada 41 mahasiswa yang berprestasi di bidang Olahraga, seni dan penalaran,” kata Rektor Widodo Ario.

“Kami berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa yang telah luar biasa mengharumkan nama UWKS, baik di tingkat Regional atau provinsi, Nasional, terlebih di dunia internasional. Anda semua layak dapat beasiswa,” ungkap Rektor.

“Harapannya, beasiswa fresh money ini tidak digunakan untuk kegiatan yang tidak jelas. Gunakan beasiswa ini untuk kegiatan yang bermanfaat, khususnya dalam mendukung pendidikan kalian,” harapnya.

Tujuan beasiswa ini kata pak Rektor ada 5, yaitu sebagai apresiasi kepada mahasiswa berprestasi di bidang non akademik untuk terus berkontribusi terhadap kemajuan kampus.

Yang kedua, untuk meningkatkan akses dan pemerataan kesempatan belajar di perguruan tinggi, khususnya di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Yang ketiga adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar, khususnya mereka yang menghadapi kendala ekonomi.

Kemudian yang keempat adalah untuk menjamin keberlangsungan studi-studi mahasiswa sehingga dapat selesai tepat waktu.

Sedangkan yang kelima terakhir adalah untuk meningkatkan prestasi mahasiswa di bidang akademik maupun non-akademik.

Rektor Widodo mengingatkan bahwa 41 mahasiswa adalah orang-orang hebat yang sudah berinvestasi lain daripada mahasiswa yang lain. oleh karena itu, harapannya adalah, semua tetap menjaga kedisipilinan, tingkah laku, tutur kata dan sikap.

“Menjadi lebih baik dan sebagai panutan untuk teman-teman yang lain. Ikutilah kegiatan kurikuler maupun ekstra kurikuler, teruslah berjuang dan berprestasi di masa-masa mendatang, karena saudara semua merupakan ujung tombak UWKS,” harap Rektor kembali.

Pada kesempatan itu Rektor Widodo Ario juga mengajak para Mahasiswa untuk bisa berbangga terhadap peringkat UWKS. Berdasarkan survei Unirank 2024, UWKS ditetapkan sebagai peringkat 4 terbaik di antara perguruan tinggi swasta di Jawa Timur.

Di ranking nasional, diantara 3.340 perguruan tinggi (PT) negeri maupun swasta, UWKS berada di peringkat ke 70. Kemudian diantara 3.000-an perguruan tinggi swasta se-Indonesia, UWKS menempati peringkat ke-30.

“Tak hanya itu, pada 1 Maret lalu UWKS terpilih sebagai Universitas perguruan tinggi swasta terfavorit se-Jawa Timur,” cetus bangga pak Rektor.

Hal ini ungkap rektor merupakan prestasi baik yang telah berhasil dicapai . Untuk itu pencapaian prestasi ini harus mampu ditingkatkan serta ada effort nyata agar supaya kedepan menjadi lebih baik dan lebih baik lagi .

“Dan Prestasi yang telah saudara raih, harapannya adalah kita akan lebih baik lagi kedepan,” pungkas Rektor Widodo Ario Kentjono (Ery)