06/10/2024

Jadikan yang Terdepan

Optimistis Rampung Akhir Tahun, Pj Gubernur Jatim Tinjau Progres Sirkuit Balap di Magetan

Magetan, kabargress.com – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono meninjau progres pembangunan sirkuit balap di Parang Kab. Magetan, Rabu (2/10/24). Proyek yang dimulai dengan masterplan dibuat pada Desember 2023 ini, telah mencapai tahap pengerjaan dengan area lintasan sudah diratakan dan mulai penghalusan.

Pj Gubernur optimistis sirkuit ini akan memiliki lintasan yang bagus sesuai dengan prototipe pembangunan. “Insyallah kalau sesuai dengan kontraknya nanti tanggal 22 Desember 2024 sirkuit ini bisa selesai dan akan menjadi destinasi spot olahraga dan destinasi wisata sehingga bisa dinikmati warga Magetan,” ujarnya.

Pihaknya menjelaskan, proses awal perencanaan sirkuit balap terinspirasi dan prestasi dari sosok Mario Aji pembalap Moto3 GP asal Magetan Jawa Timur. Keberadaan sirkuit balap ini, merupakan wujud apresiasi pemerintah terhadap atlet yang berprestasi mengharumkan Indonesia di kancah internasional.

“Sirkuit ini jadi pengalaman dan pelajaran bahwa siapapun yang berprestasi mengharumkan negara, pemerintah akan memberi apresiasi,” sebutnya.

Pj Gubernur meyakini, rampungnya sirkuit balap ini akan mendongkrak ekonomi dan ekosistem ekonomi pendukung lainnya di wilayah Magetan. Sirkuit Balap Motor ini, lanjutnya diharapkan dapat mengenalkan kepada para pecinta balap ada sirkuit dengan kualitas nasional dibawah Gunung Bungkuk yang ada di Magetan Jawa Timur.

Terkait nama sirkuit Balap, Pj Gubernur menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat Magetan yang memiliki nilai menarik sehingga menjadi icon baru kebanggaan masyarakat Magetan.

“Untuk nama sirkuit, kami serahkan kepada Pak Pj Bupati dan Masyarakat Magetan. Cari nama yang mudah diingat dan dikenang seperti Sirkuit Mandalika karena Pantai Mandalika,” tegasnya.

Diharapkan adanya sirkuit balap di Magetan dapat melahirkan pembalap-pembalap yang hebat seperti Mario. “Semoga bisa menginspirasi dan melahirkan atlet-atlet berprestasi seperti Mario Aji,” harapnya. (Ci)