28/09/2024

Jadikan yang Terdepan

Pj Gubernur Jatim Raih Tiga Penghargaan CNN Indonesia Award 2024

Surabaya, kabargress.com – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono memborong tiga penghargaan sekaligus dalam CNN Indonesia Award 2024, di Ballroom Hotel The Westin Surabaya, Rabu (25/9/24) malam. Tiga penghargaan tersebut yaitu Best Regional Poverty Reduction dan Outstanding Local Government Governance untuk Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan satu penghargaan lagi yaitu Most Inspiring Leader.

Dua penghargaan untuk Pemprov Jatim dinilai karena berhasil menurunkan kemiskinan ekstrem sebesar 3,74 persen poin dalam kurun waktu 2020-2024. Penanggulangan kemiskinan ekstrem di Jatim dilakukan secara komprehensif dan terintegrasi, melalui kebijakan makro ekonomi maupun dengan intervensi program.

Adhy Karyono menjelaskan bahwa dari 11 indikator kinerja utama, Pemprov Jatim berhasil mencapai 97,77 persen, menunjukkan keberhasilan berbagai program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat yang merata di Jawa Timur.

“Alhamdulillah, kami berterimakasih CNN Indonesia memberikan penghargaan kami” kata Adhy.

Adhy menyebut keberhasilan Pemprov Jatim dalam menurunkan angka kemiskinan dan kemiskinan ekstrem merupakan hasil dari sinergi dan kolaborasi berbagai pihak. Selain itu juga karena Pemprov Jatim berhasil mendesain kebijakan, program dan anggarannya yang on the track sesuai dengan penanganan kemiskinan.

“Sebetulnya kuncinya adalah sinergi dari semua pihak pemerintah pusat, provinsi, dan Kabupaten Kota,” ungkapnya.

Adhy mengungkapkan per maret 2024, Jatim berhasil mencatatkan sejarah, dimana angka kemiskinannya mencapai satu digit yakni 9,79%. Dan per maret 2024, kemiskinan ekstrem jatim turun signifikan di angka 0,66%.

“Ini adalah capaian yang patut disyukuri dan menjadi motivasi bagi Pemprov Jatim untuk kembali dan terus menurunkan angka tersebut,” urainya.

Secara khusus, Ia menyampaikan selamat kepada seluruh penerima award. Ia berharap penghargaan yang diterima bisa menjadi motivasi dan semangat untuk terus berprestasi dan berinovasi.

“Selamat kepada seluruh penerima penghargaan CNN Award 2024,” ucapnya.

Di akhir, Adhy juga menyampaikan apresiasi kepada CNN Indonesia yang telah menggelar awarding di Jawa Timur. Menurutnya ini merupakan bentuk dukungan terhadap Jawa Timur yang mengambil posisi sebagai gerbang nusantara baru. Ia menilai CNN Indonesia jeli memotret keberhasilan pembangunan di Jawa Timur.

“Atas nama pemerintah provinsi Jawa Timur kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada CNN Indonesia, karena telah menyelenggarakan CNN Indonesia award 2024 di Jawa Timur,” pungkasnya. (Ci)