28/09/2024

Jadikan yang Terdepan

Pj Gubernur Jawa Timur Menerima Kunjungan Kerja Duta Besar Jepang untuk Indonesia

Surabaya, kabargress.com – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, menerima kunjungan kerja Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Y.M. Masaki Yasushi, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (25/9/24).

Kunjungan ini menjadi momentum penting untuk membahas berbagai langkah strategis dalam meningkatkan kerja sama antara Jepang dan Indonesia, khususnya dengan Provinsi Jawa Timur.

Pj Gubernur Adhy Karyono menyampaikan bahwa diskusi dengan Duta Besar Jepang berlangsung intensif. Ia menyoroti besarnya investasi Jepang di Jawa Timur dan kerja sama yang berjalan baik di bidang pendidikan, di mana Jawa Timur menempati peringkat kedua dalam pembelajaran bahasa Jepang.

Adhy juga mencatat peningkatan pengiriman tenaga kerja terlatih ke Jepang yang berhasil membuka lapangan kerja baru.

“Kami sangat mengapresiasi proyek-proyek kerja sama yang ada di Jawa Timur, termasuk proyek konsultasi sampah regional yang memasuki fase kedua dan master plan pembangunan transportasi publik dengan MRT, yang kami harap Jepang akan terlibat,” ujar Adhy.

Adhy juga membahas kerja sama Sister Province antara Jawa Timur dan Osaka yang difokuskan pada ekonomi kreatif, cyber security, dan partisipasi dalam World Expo 2025 di Osaka. Ia berharap paviliun Indonesia di Osaka bisa dimanfaatkan sebagai pusat perdagangan dan pameran kerja sama antara Jawa Timur dan Jepang.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, energi, pariwisata, dan pendidikan dengan Jepang. Kami juga menjamin semua investasi perusahaan dan masyarakat Jepang di Jawa Timur akan mendapatkan perlindungan dan layanan terbaik,” tambah Adhy.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Y.M. Masaki Yasushi, menyatakan komitmennya untuk terus meningkatkan kerja sama antara Jepang dan Jawa Timur. Ia menekankan pentingnya hubungan yang telah terjalin selama bertahun-tahun, terutama melalui Japan International Cooperation Agency (JICA).

“Jepang bertekad untuk terus meningkatkan kerja sama dengan Jawa Timur, termasuk Kota Surabaya, agar masyarakat Jawa Timur dapat menikmati kualitas hidup dan lingkungan yang lebih baik,” kata Masaki Yasushi.

Masaki Yasushi juga mengungkapkan kegembiraannya atas antusiasme masyarakat Jawa Timur terhadap kebudayaan dan bahasa Jepang.

“Saya berpikir tentu hubungan pertukaran antara orang Jepang dan orang Indonesia, termasuk Jawa Timur, sangat penting dan kami akan meningkatkan pertukaran antara masyarakat Jepang dan Indonesia,” pungkasnya. (Ci)